Peringati Tahun Baru Islam, Bupati Bandung Bagikan Kain Kafan ke Setiap Desa

- 12 Agustus 2021, 12:52 WIB
Bupati Bandung HM Dadang Supriatna membagikan kain kafan untuk setiap desa se-Kabupaten Bandung, di Masjid Al Muslim di Kecamatan Bojongsoang, Kamis (12/8/2021).
Bupati Bandung HM Dadang Supriatna membagikan kain kafan untuk setiap desa se-Kabupaten Bandung, di Masjid Al Muslim di Kecamatan Bojongsoang, Kamis (12/8/2021). /Engkos kosasih

GALAMEDIA - Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna membagikan kain kafan ke setiap desa se-Kabupaten Bandung. Setiap desa mendapat bagian satu roll kain kafan atau sekitar 50 meter. Kain kafan itu dibagikan untuk 270 desa dan 10 kelurahan se-Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung menjelaskan, pembagian kain kafan ini dilakukannya setiap menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam. Untuk Tahun Baru Islam kali ini, pembagian dilakukan di sela peresmian Masjid Al Muslim di Kecamatan Bojongsoang, Kamis 12 Agustus 2021.

Bupati menyerahkan satu roll kain kafan secara simbolis kepada pemerintahan desa setempat. Pembagian ini sudah menjadi tradisi dirinya sejak ia menjabat Kepala Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung tahun 2000 silam.

Baca Juga: Lagu Pesan Terakhirku Lyodra Tembus Global Viral, Berikut Lirik Lengkapnya

Kang DS, sapaan Dadang Supriatna berkisah, waktu itu ada warga desanya yang meninggal dunia menjelang peringatan 1 Muharam. Namun jenazahnya belum dibungkus kain kafan. Terlebih warga yang meninggal itu tergolong warga yang kurang mampu.

"Saya tanyakan waktu itu, kenapa jasadnya belum dipulasara. Jawabnya, karena kain kafannya tidak ada. Sejak saat itu, waktu itu tahun 2000, saya perintahkan kepala dusun untuk membeli kain kafan," katanya.

"Kemudian saya panggil semua RW dan DKM di Desa Tegalluar untuk membagikan kain kafan gratis ke setiap RW. Jangan sampai membebani masyarakat untuk iuran pembelian kain kafan," sambungnya.

Baca Juga: Dua Pelaku Begal Babak Beluk Dihajar Warga di Babakan Siliwangi Bandung

Pembagian kain kafan gratis terus ia lakukan sampai dirinya menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung dan anggota DPRD Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x