Pemerintah Kekeuh Bakal Jalankan Program Vaksinasi Berbayar

- 24 Agustus 2021, 22:34 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

 

GALAMEDIA - Pemerintah bakal tetap menjalankan program vaksinasi Covid-19 mandiri atau berbayar di tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Paripurna DPR terkait Tanggapan Pemerintah terhadap Pandangan Umum Fraksi atas RUU APBN 2022 beserta Nota Keuangannya, Selasa, 24 Agustus 2021.

Dikatakan, langkah tersebut dilakukan kepada masyarakat yang mampu demi mempercepat program vaksinasi COVID-19.

"Upaya percepatan vaksinasi dilakukan melalui pelaksanaan program vaksinasi yang dibiayai APBN, juga untuk tahun depan ada skema vaksinasi mandiri pada kelompok masyarakat yang mampu," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Dugaan Penistaan Agama Muhammad Kece Naik Status! Polisi: Penyidik Telah Temukan Bukti Awal

Demi menjaga ketersediaan vaksin serta keterjangkauan harga vaksin, Sri Mulyani menyebut pemerintah akan terus mengupayakan menjalin kerja sama baik secara bilateral maupun multilateral.

Mulai tahun depan Indonesia juga diharapkan sudah bisa memproduksi vaksin COVID-19 sendiri.

Disebutkan, pemerintah pun akan melanjutkan peningkatan kualitas anggaran kesehatan yang diarahkan untuk mendorong dan mendukung reformasi sistem kesehatan dalam bentuk transformasi layanan primer melalui penguatan Puskesmas, penguatan fungsi promotif dan preventif (termasuk pengendalian penyakit dan imunisasi).

Dalam RAPBN 2022, pemerintah merancang anggaran kesehatan mencapai Rp 255,3 triliun atau 9,4% dari belanja negara, lebih tinggi dari amanat UU kesehatan yang minimal 5% dari APBN. Dari anggaran tersebut, alokasi untuk penanganan COVID-19 bidang kesehatan diperkirakan mencapai Rp 115,9 triliun.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x