Harga Rokok Berpotensi Naik, Direktorat Jenderal Bea Cukai: Banyak Hal yang Perlu Diperhitungkan

- 26 Agustus 2021, 21:21 WIB
ILUSTRASI, Harga cukai rokok berrpotensi kembali naik.
ILUSTRASI, Harga cukai rokok berrpotensi kembali naik. /Pixabay

GALAMEDIA - Harga rokok berkemungkinan kembali mengalami kenaikan seiring dengan rencana pemerintah menaikan tarif cukai rokok pada tahun 2022.

Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC Nirwala Dwi Heryanto mengatakan setelah pembacaan Nota Keuangan RUU APBN 2022 pada 16 Agustus lalu, Kementerian Keuangan secara maraton akan membahas struktur anggaran 2022 dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR. Termasuk, keputusan naik atau tetapnya tarif cukai rokok.

"Tentunya nanti begitu APBN diketok disetujui UU APBN 2022 oleh pemerintah dan DPR, di situlah kita baru lihat seberapa besar tarif cukai yang harus dinaikkan. Bahkan di nota keuangan disebutkan di situ ada ekstensifikasi BKC (barang kena cukai)-nya, jadi tidak semata mata rokok," kata Nirwala pada Media Briefing Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), Kamis, 26 Agustus 2021.

Baca Juga: Pemerintahan Jokowi Alergi Kritik, MUI: Di Mata Hukum Semua Orang Harus Diperlakukan Sama

Meski begitu, ia menyatakan, pembahasan tarif cukai setiap tahunnya tidak mudah. Pasalnya, pemerintah harus mendengarkan masukan dari pihak pro kesehatan dan pro industri.

"Bahkan 2021 ini sudah tahun keempat dalam tetapkan tarif CHT (cukai hasil tembakau) sampai ke meja presiden, ratas (rapat terbatas) di tingkat presiden. Ini menunjukkan tidak mudah, banyak hal yang harus diperhitungkan," imbuhnya.

Dalam menentukan besaran tarif cukai rokok ada tiga aspek yang diperhitungkan oleh pemerintah. Meliputi, pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan variabel pengendalian.

Ia menyatakan, variabel pengendalian ini paling sulit lantaran menyangkut bauran kebijakan dengan memperhatikan berbagai aspek. Mulai dari aspek kesehatan, perindustrian, tenaga kerja, pertanian, penerimaan negara, dan rokok ilegal.

Baca Juga: Muhammad Kece Merasa Benar, Polisi Bakal Lakukan Tes Kejiwaan

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x