39.436 Warga Kota Cimahi Menganggur Dampak Pandemi Covid-19

- 2 September 2021, 20:13 WIB
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana.
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana. /Laksmi Sri Sundari/Galamedi/

GALAMEDIA - Bergeraknya perekonomian suatu wilayah atau negara pada dasarnya ditentukan oleh dua faktor, yaitu modal dan tenaga kerja.

Investasi mempunyai keterkaitan langsung terhadap kegiatan ekonomi pada masa sekarang maupun pada masa mendatang. Sementara tenaga kerja merupakan penggerak dan sumber daya produksi.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana saat membuka kegiatan sosialisasi Online Single Submission Risked Based Approach (OSS-RBA) bagi perangkat daerah, secara zoom meeting di Ruang Rapat Wali Kota di Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Kamis, 2 September 2021. 

Menurut Ngatiyana, akibat pandemi Covid-19 perekonomian kota Cimahi hampir 48 persen disokong oleh sektor industri manufaktur, terutama tekstil terdampak karena melemahnya permintaan global dan domestik, serta terganggunya proses ekspor dan impor.

Baca Juga: Pegang Omongan Presiden Jokowi, Demokrat Tegas Tolak Amandemen UUD 1945

"Antara tahun 2019 dan 2020 ekonomi Kota Cimahi turun atau terkontraksi hingga mencapai angka minus 2,2 persen. Bahkan nilai agregat atau total investasi pun turun sebesar minus 11 persen. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan penurunan riil aggregate total konsumsi kota sebesar minus 2,74 persen,' ungkap Ngatiyana.

Dikatakannya, peran investasi di Kota Cimahi ternyata sangat vital, karena selama 3 tahun terakhir memberikan kontribusi rata-rata sebesar 35,4 persen terhadap pertumbuhan. Itulah sebabnya pengaruh penurunan komponen investasi tahun 2019 memberi dampak besar, terhadap kinerja perekonomian kota Cimahi.

Ngatiyana menyebutkan, penurunan kinerja ekonomi kota juga diikuti oleh meningkatnya angka pengangguran terbuka yang menyentuh angka 13,3 persen, atau sebanyak 39.436 orang.

"Mengingat aktifitas investasi berkaitan dengan kegiatan ekonomi yang akan datang, maka penurunan total investasi di Kota Cimahi pada tahun 2020 hendaknya menjadi perhatian yang serius bagi upaya pemulihan ekonomi kota pada beberapa tahun berikutnya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x