Besok PTM di Kota Cimahi Dimulai, Banyak Orang Tua Tak Izinkan Anaknya ke Sekolah

- 5 September 2021, 18:01 WIB
Ilustrasi. Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sebuah sekolah.
Ilustrasi. Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sebuah sekolah. /Media sosial/

GALAMEDIA - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Cimahi bakal dimulai, Senin, 6 September 20231, untuk jenjang TK, PAUD, SD dan SMP.

Namun ternyata masih ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya kembali mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, dari total 46 SMP, ada 1 sekolah yang orang tua dan komite-nya secara umum tidak memberikan izin. Sedangkan dari 116 SD, ada 1 sekolah juga yang bernasib serupa.

"Jadi ada 1 SD dan SMP yang komite dan orang tuanya secara umum tidak memberi izin PTM," ungkap Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono, Minggu (5/9).

Permasalahan berbeda didapat sekolah TK dan PAUD. Bukan permasalahan izin orang tua saja, namun ada 124 sekolah dari total 336 TK dan PAUD yang tidak siap melaksanakan PTM. Apalagi berdasarkan hasil verifikasi sarana, dan prasarananya tidak menunjang.

Baca Juga: SBY Bisa Ikut Pilpres 2024 Jika Amandemen UUD 1945, Begini Kata Demokrat

"Untuk TK dan PAUD dari 336 sekolah itu, yang siap hanya 212 sekolah. Bukan hanya tidak siap. Tapi dari hasil verifikasi itu tak layak tatap muka. Misal ha pakai kantor RW, sehingga diputuskan tak diberi izin tatap muka. Kalau dipaksakan takutnya malah berbahaya," beber Harjono.

Namun dari berbagai permasalahan tersebut, Harjono memastikan PTM akan tetap dimulai 6 September bagi sekolah yang sudah mendapat izin dari orang tua, dan siap berdasarkan sarana dan prasarana.

Untuk sekolah yang tak mendapat izin, akan tetap melakukan pembelajaran secara daring atau Belajar Dari Rumah (BDR). "Tetap daring. Kita juga minta sekolah untuk menerapkan pembelajaran kolaborasi PTM dan BDR. Termasuk untuk guru yang rentan, seperti punya penyakit penyerta juga disarankan untuk BDR saja," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x