Kolaborasi Membangun Negeri, Aperti BUMN Launching Program Pertukaran Mahasiswa

- 12 September 2021, 09:33 WIB
ilustrasi mahasiswa
ilustrasi mahasiswa /Pexels

 



GALAMEDIA - Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (Aperti BUMN) meresmikan program Pertukaran Mahasiswa Indonesia (Permai) secara daring, baru-baru ini.

Program pertukaran mahasiswa antara Perguruan Tinggi Aperti BUMN ini merupakan bentuk dukungan kepada Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM).

Program ini memungkinan mahasiswa mengikuti pembelajaran antar Program Studi dan antar kampus melalui mekanisme transfer sistem kredit semester.

Ketua Aperti BUMN, Prof. Adiwijaya menjelaskan, program pertukaran mahasiswa ini sebagai bentuk kolaborasi dan saling dukung antar perguruan tinggi Aperti BUMN.

Baca Juga: Puluhan Warga Tewas Pada Peristiwa Tanjung Priok 12 September 1984, Berikut Kronologi Singkatnya

"Sudah saatnya kita saling berkolaborasi membangun negeri, bukan saling bersaing antar Perguruan Tinggi," kata Prof. Adiwijaya.

Menurut Adiwijaya, dengan adanya program Permai ini mahasiwa bisa memiliki nilai lebih dan mendapatkan suasana baru serta semangat baru dalan menimba ilmu.

"Nanti bisa ketemu dosen baru, lingkungan baru dan pelajar baru. Dan tentu ini akan jadi pengalaman baru bagi mereka," ucapnya.

Menyinggung soal anggaran program tersebut, lanjut dia, program pertukaran mahasiswa ini dibiayai dari beasiswa Aperti BUMN, dan berlangsung selama satu semester penuh.

Baca Juga: Kisah Cinta Lima Dokter Hospital Playlist 2 Bikin Baper Hingga Raih Rating Tertinggi, Penggemar Minta Season 3

Adiwijaya yang juga Rektor Telkom University itu berharap, banyak mahasiswa yang tertarik dengan program tersebut, meski melalui seleksi yang ketat dengan standar yang tinggi.

"Nanti akan ada beberapa tahapan seleksi untuk menentukan mahasiswa mana yang lolos program pertukaran mahasiswa ini," ujarnya.

Dirinya kembali menegaskan, program Permai Aperti merupakan bentuk dukungan kepada program Kemendikbudristek untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills.

Selain itu, para mahasiswa diharapkan lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman dan menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Baca Juga: Kriuk! Kulit Ayam Krispi untuk Camilan Weekendmu, Begini Cara Buatnya

“Melalui program ini, semoga Aperti BUMN dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas mahasiswa, sehingga mampu menjadi SDM unggul Indonesia dan juga menjadi SDM unggul di level global,” tuturnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x