Ahli Virus Ungkap Kucing Rentan Terinfeksi Virus: Varian Baru Covid-19 Berpotensi Menular ke Hewan

- 27 September 2021, 19:41 WIB
Kucing disebut sangat peka tertular virus.
Kucing disebut sangat peka tertular virus. /PIXABAY/Luis Wilker WilkerNet

 

GALAMEDIA - Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin dari Proffesor Nidom Foundation (PNF), Prof Dr Chairul Anwar Nidom mengatakan pihaknya bakal meneliti kemungkinan Covid-19 menular ke hewan.

"Virus Covid diyakini berasal dari hewan menular ke manusia jadi pandemi. Manusia itu diyakini sebagai inang terakhir adaptasi virus," ujar Guru Besar Ilmu Biokimia dan Biologi Molekular Unair ini seperti dikutip GALAMEDIA dalam tayangan video YouTube berjudul 'VAKSIN NUSANTARA HARAPAN UNTUK HENTIKAN PENULARAN ANTAR MANUSIA DAN SPESIES LAIN' pada kanal Anang Supardi, Senin, 27 September 2021.

Meski begitu, varian baru Covid-19 dikhawatirkan bisa menular lagi ke hewan lain.

Ia pun mengungkapkan, hewan yang paling peka terhadap serangan virus yakni kucing.

"Nah, soal apakah penularan itu terjadi atau tidak ke kucing, lebih baik penjagaan jarak," ujarnya.

Baca Juga: BEM SI Kepung Gedung KPK, Demo Diakhiri Dengan Pungut Sampah Bersama Polisi

Sehubungan hal itu, pihaknya bakal melakukan pemantauan terhadap kucing di jalan, di rumah ataupun di rumah sakit. "Ya kita bakal melakukan surveillance di berbagai tempat," katanya.

Ia pun menceritakan soal Singa di Kebon Binatang Ragunan yang terinfeksi Covid-19. "Tapi itu belum diketahui asalnya. Untuk di beberapa negara yang ada hewan singa, tertular para penjaga," ujarnya.

Baca Juga: GILA! Produsen Vaksin Sudah Mulai Panen, Berikut Daftar Pendapatannya: Kalau Saja Rujak Ulek Bisa Obati Covid

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x