Sebut Kasus Covid-19 Kekinian di Dunia Tragis, Kepala Tim Teknis WHO Maria Van Kerkhove Ungkap Varian Baru Mu

- 1 September 2021, 07:35 WIB
Dr Maria Van Kerkhove.
Dr Maria Van Kerkhove. /

 

GALAMEDIA - Kepala Tim Teknis World Health Organization (WHO alias Organisasi Kesehatan Dunia) Maria Van Kerkhove menilai kasus Covid-19 di dunia saat ini mengalami tren yang sangat mengkhawatirkan.

"Lebih dari 4,3 juta kasus setiap minggu dan sekitar 67 ribu kematian adalah tragis - tidak ada cara mudah untuk mengatakan ini," ujar Maria Van Kerkhove melalui akun Twitter @mvankerkhove, Rabu, 1 September 2021.

Berdasarkan data terbaru, ia menyebutkan, WHO telah memiliki data di tingkat regional, yakni ringkasan distribusi geografis variant of concern (VOC) dan variant of interest (VOI) baru 'Mu' yang diklasifikasikan B.1.621.

Soal varian Mu, ia menyebutkan, pertama terindentofikasi di Kolombia pada Januari 2021. Namun soal mutasinya masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Soal data Varian Mu ini WHO Virus Evolution Working Group, pada 29 Agustus, 4,5 ribu kejadian diunggah ke GISAID dari 39 negara.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 1 September 2021: Mama Rosa Hampir Tertabrak Gerobak Baso, Untungnya Al Melindunginya

"Sirkulasi Mu menurun secara global dan hanya <0,1% dari keseluruhan kasus, tetapi ini membutuhkan pengamatan yang cermat," ujarnya.

Ia pun kembali mengingatkan pernyataan sebelumnya. Yakni pemantauan dan penilaian varian sedang berlangsung dan kekritisan penting untuk memahami evolusi virus ini, dalam memerangi COVID-19 dan menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

"WHO menghargai peneliti untuk berbagi temuan mereka dengan WHO dan komunitas ilmiah global," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x