Kalahkan Negara Tetangga, Jokowi Bangga dengan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik Jawa Timur

- 13 Oktober 2021, 12:02 WIB
Presiden Joko Widodo./Sekretariat Presiden/
Presiden Joko Widodo./Sekretariat Presiden/ /

GALAMEDIA - Jokowi menyebut Indonesia termasuk  satu dari tujuh negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia, mengalahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Untuk itu Jokowi mengaku bangga dan bersyukur  karena selain  sumber daya alam yang melimpah di bidang pertambangan, Indonesia juga berhasil  menguasai 51 persen saham Freeport.

Jokowi menjelaskan langkah selanjutnya adalah proses hilirisasi agar komoditas tambang  memiliki nilai lebih tinggi,sehingga pemasukan negara pun menjadi besar.

Baca Juga: Bukan Cinta Biasa, Pacari Murid Kelas 8 Hingga Hamil Besar Guru JIS Rela Dipenjara

Untuk menciptakan nilai tambah itulah, hari ini, Jokowi akan melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur.

Tidak tanggung-tanggung, pembangunan smelter PT Freeport Indonesia dilakukan di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur. Demikian dikutip Galamedia dari akun Instagram resmi Jokowi.

Dibangun di atas lahan seluas 100 hektare, smelter PT Freeport Indonesia ini akan menjadi smelter single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun atau 480.000 ton logam tembaga.

Baca Juga: Prabowo Subianto Jadi Presiden RI 2024 Jika Sosok Ini Jadi Wapresnya

Jokowi berharap kehadiran PT Freeport Indonesia yang sudah menanamkan investasi sangat besar akan menjadi daya tarik bagi industri-industri dunia. Khususnya industri turunan tembaga untuk masuk ke KEK Gresik.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x