Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini La Nina: Beberapa Wilayah Diprediksi Alami Kenaikan Curah Hujan

- 21 Oktober 2021, 16:16 WIB
BMKG Ungkap Sejumlah Fenomena yang Perlu Diwaspadai, Mulai La Nina, Angin Monsun Asia hingga MJO
BMKG Ungkap Sejumlah Fenomena yang Perlu Diwaspadai, Mulai La Nina, Angin Monsun Asia hingga MJO /

GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini soal datangnya La-Nina menjelang akhir tahun ini.

Berdasarkan monitoring perkembangan terbaru dari data suhu permukaan laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur, menunjukkan bahwa saat ini nilai anomali telah melewati ambang batas La Nina, yaitu sebesar -0.61 pada Dasarian I Oktober 2021.

Kondisi ini berpotensi untuk terus berkembang dan kita harus segera bersiap menyambut kehadiran La Nina 2021/2022 yang diprakirakan akan berlangsung dengan intensitas lemah - sedang, setidaknya hingga Februari 2022.

Melansir laman resmi BMKG, hasil kajian pihaknya menunjukkan bahwa curah hujan mengalami peningkatan pada November-Desember-Januari terutama di wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali.

Baca Juga: Survei Parpol Litbang Kompas: PDIP Posisi Teratas, Demokrat Kalah dengan PKS, PKB Jatuh

Tak hanya itu wilayah lainnya seperti NTT, Kalimantan bagian selatan dan Sulawesi bagian selatan diprediksi alami peningkatan curah hujan.

Maka La Nina tahun ini diprediksi relatif sama dan akan berdampak pada peningkatan curah hujan bulanan berkisar antara 20 - 70% di atas normalnya.

“Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut maka perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjutan dari curah hujan tinggi yang berpotensi memicu bencana hidrometeorologi,” kata kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam keterangannya.

Dalam keterangannya, Dwikorita juga meminta agar pemerintah daerah, masyarakat dan semua pihak terkait dengan perencanaan pengelolaan sumber daya air dan pengurangan risiko bencana yang berada di wilayah yang berpotensi Terdampak La Nina agar bersiap melakukan langkah pencegahan dan mitigasi bencana.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x