Terapkan Prokes Ketat, 1.000 Wisudawan Ikuti Sidang Senat Terbuka Ke-83 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

- 24 Oktober 2021, 10:37 WIB
Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., C.S.E.E. melantik 1.000 lulusan pada wisuda ke-83./doc
Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., C.S.E.E. melantik 1.000 lulusan pada wisuda ke-83./doc /

GALAMEDIA - Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., C.S.E.E. melantik 1.000 lulusan pada wisuda ke-83 di kampus UIN Sunan Gunung Djati, Jln. A.H. Nasution, Kota Bandung, Sabtu  23 Oktober 2021.

Dilakukan secara hybrid (luring dan daring) wisuda berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan tes rapid antigen,

Para wisudawan merupakan lulusan sejumlah fakultas, di antaranya 95 lulusan Ushuluddin, Tarbiyah dan Keguruan (173), Syariah dan Hukum (116), Dakwah dan Komunikasi (142), dan 114 lulusan Adab dan Humaniora.

Baca Juga: Menang Telak Lawan Megawati, Demokrat Nilai Hasto Gagal Move On dari Pilpres 2004 dan 2009

Selain itu, 14 wisudawan lulusan Fakultas Psikologi,  Sains dan Teknologi (95), Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (68),  Ekonomi dan Bisnis Islam (121), Program Magister (44 ) dan Program Doktor (18).

Sidang senat terbuka wisuda ke-83 lulusan Program Sarjana, Magister dan Doktor UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini digelar dengan tajuk "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh Mewujudkan Visi Profetik".

Ketua Senat Universitas, Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, M.S. berpesan kepada wisudawan untuk mengabdi pada masyarakat setelah lulus dari universitas.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Hari Ini 24 Oktober 2021: Antam dan UBS Naik Tipis

"Sehingga mendapatkan ridha Allah Swt, mengamalkan ilmu yang saudara dapatkan dari bangku kuliah. Kini saudara sudah menyandang gelar kesarjanaan, sebagai cendekiawan muslim yang ulul albab, memadukan antara zikir dan pikir, mampu berpikir mendalam, substansial, dan peduli dengan problem yang dihadapi masyarakat," papar Nanat.

Sementara Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Prof. Mahmud, menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh oran tua dan wisudawan yang berhasil lulus jenjang pendidikan tinggi Program Sarjana, Magister dan Doktor tahun akademik 2021/2022.

"Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan harus dijalankan, berdoa, mudah-mudahan korona bisa diangkat. Anggota senat hadir semua, tidak hanya senat, ke depannya wisudawan bisa hadir," ujarnya.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 24 Oktober 2021: Nana Akhirnya Tahu Kebenaran Anak Dewa dari Friska

Rektor berharap lulusan UIN Sunan Gunung Djati mampu memberikan solusi dan bermanfaat di tengah kehidupan bermasyarakat.

"Saya berpesan kehadiran saudara di tengah masyarakat harus jadi solusi, bukan beban orangtua, masyarakat. Saya yakin ketika saudara memiliki ilmu sesuai keahliannya atau berbasis teori, saya yakin saudara akan sukses," ucapnya.

Rektor juga mengajak civitas akademika untuk mengedepankan sikap profesional, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif agar UIN menjadi kampus yang unggul dan kompetitif.

Baca Juga: STP NHI Wisuda 544 Lulusan, Andar: Fokus Ciptakan Tourism Entrepreneur Campus dengan Enhaiipreneur Center

"Jangan menganggap qiyamuhu binafshihi. Selama ini kita manusia membutuhkan pihak-pihak lain, tidak bisa berdiri sendiri. Dengan memiliki sikaf profesional sesuai basis keilmuannya. Dituntut untuk kreatif, melakukan kolaborasi dengan pihak lain. Semuanya harus dikomunikasikan agar sukses, bermanfaat dan memberikan solusi di tengah masyarakat," tambahnya. (rio)**

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x