Forkopimcam Cikancung Lakukan Vaksinasi Dengan Cara Door to Door

- 6 November 2021, 16:25 WIB
Pelaksanaan vaksinasi dengan cara door to door di Kampung Cilopang RT 01/RW 01 Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Sabtu (6/11).
Pelaksanaan vaksinasi dengan cara door to door di Kampung Cilopang RT 01/RW 01 Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Sabtu (6/11). /Engkos Kosasih/



GALAMEDIA - Jajaran Forkopimcam Cikancung melakukan inovasi dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi dengan cara door to door ke rumah-rumah warga di kawasan perbukitan Kampung Cilopang RT 01 RW 01 Desa  Mekarlaksana Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Sabtu, 6 November 2021.
 
Sebelum pelaksanaan vaksinasi jajaran Forkopimcam Cikancung mulai Kecamatan Cikancung, TNI, Polsek Cikancung, tenaga kesehatan dari Puskesmas Ciluluk dan sejumlah pihak melaksanakan apel bersama di Mako Polsek Cikancung.

Setelah itu tim gabungan sambil mengendarai sepeda motor, mobil patroli Polsek Cikancung, mobil Pelayanan Puskesmas dan kendaraan lainnya menyusuri jalan desa sepanjang 5 km. Sesampai di Kampung Cilopang, tim gabungan langsung mengajak warga sekitar di kawasan pegunungan itu untuk divaksin.

Baca Juga: Kemendikbudristek RI dan Kalbe Consumer Health Ajak Pelajar SD Se-Indonesia Kampanyekan 3M ABC

Tim pun mengajak warga yang hendak pergi ke kebun maupun ke tempat lainnya untuk mengikuti pelaksanaan vaksinasi. Termasuk mengajak warga yang sedang bekerja bangunan untuk menyempatkan diri divaksin. Bahkan ada di antara warga yang baru pulang dari kebun yang terlihat lusuh pun diajak untuk divaksin.

Sebelum divaksin, mereka terlebih dahulu diperiksa tensi darahnya dan dicek riwayat penyakit warga. Mulai dari riwayat sakit batuk, pilek, demam, darah tinggi dan penyakit lainnya, dan ada di antara warga yang menderita darah tinggi tidak jadi divaksin.

Seusai melaksanakan vaksinasi di satu titik, tim pun kembali bergerak jalan kaki menyusuri jalan setapak yang terjal menuju rumah warga yang belum divaksin di kawasan perbukitan. Vaksinasi pun dilakukan di sebuah saung yang ada di depan rumah warga di wilayah perkampungan dan pegunungan tersebut.

Baca Juga: Tiga Karya Pelukis Muda Pemenang Lomba Lukis Heritage Kota Cimahi

Sejumlah warga yang divaksin melalui door to door itu sangat diuntungkan, karena tidak perlu lagi harus antri di sebuah tempat dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Ini merupakan inovasi melakukan vaksinasi dengan cara door to door," kata Kapolsek Cikancung Iptu Carsono didampingi Camat Cikancung Maksum.

Carsono mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dengan cara door to door ini menyasar warga yang belum tersentuh oleh tenaga kesehatan dalam pelayanan vaksinasi. Di antaranya di daerah perkampungan atau pegunungan yang masyarakatnya, masih bekerja di kebun.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, kami bersinergi dengan TNI, pemerintah Kecamatan Cikancung dan tenaga kesehatan di Kecamatan Cikancung," ungkap Kapolsek.

Pada pelaksanaan vaksinasi itu dengan sasaran 200 warga yang ada di pelosok perkampungan.

Sementara Camat Cikancung mengatakan, di wilayahnya sudah tercapai 60 persen dari sasaran vaksinasi berkat kerjasama semua pihak mulai TNI-Polri dan tenaga kesehatan. Selain itu, berkat dukungan dan kerjasama para kepala desa, tokoh masyarakat, RT, dan RW setempat.

Baca Juga: Dapat 'Tiket' untuk Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa Sempat Minta Maaf ke DPR, Kenapa Ya?

"Ini merupakan sebuah terobosan dari jajaran Muspika Cikancung turun langsung ke lapangan, dengan terengah-engah pada ketinggian permukiman penduduk tersebut. Sambil olahraga," ucapnya.

Ia mengatakan masyarakat antusias untuk divaksin. Sebagian dari masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi itu, di antaranya bekerja di kebun dan sawah. "Dengan cara kita datang langsung ke rumah-rumah, ternyata banyak sekali warga yang mau divaksin. Berharap mereka tetap sehat," katanya.

"Diharapkan, kondisi masyarakat kembali seperti dalam situasi sebelum Covid-19 datang dan semoga Covid--19 ini  cepat hilang dari bumi Indonesia ini," harapnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah