Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Jabatan KSAD Diserahkan ke Dudung Abdurachman? Ini Usulan DPR RI

- 6 November 2021, 21:22 WIB
Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman
Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman // Pikiran-Rakyat.com/ Amir Faisol//

GALAMEDIA - Jenderal TNI Andika Perkasa bakal menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI usai direstui DPR RI.

Seiring hal itu, Jenderal Andika bakal meninggalkan jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun sebelumnya memprediksi jika Andika menjabat Panglima TNI maka Letjen TNI Dudung Abdurachman, yang kini menjabat Pangkostrad berpotensi menjabat sebagai KSAD.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, sejumlah kriteria sosok yang lazimnya akan mengisi posisi KSAD.

Posisi KSAD, lanjut dia, biasanya kerap mempertimbangkan usia jika sosok tersebut memang disiapkan untuk menjadi Panglima TNI kelak.

Jika mempertimbangkan aspek itu, KSAD akan diduduki oleh jenderal TNI bintang tiga (letnan jenderal) dengan usia paling muda.

Baca Juga: Waketum Gerindra Khawatir Jokowi Jadi Presiden Pertama yang ‘Diborgol’ Buntut Masalah Luhut dan Erick

Sedangkan, mantan Danjen Kopassus itu menyebut kini sedikitnya ada 16 perwira tinggi di Matra TNI AD. Dari jumlah itu, mereka berasal dari angkatan Akademi Militer (Akmil) berbeda, mulai dari angkatan 86 hingga 89 yang paling muda.

Bila mempertimbangkan angkatan, Lodewijk menyebut posisi KSAD akan diisi Eko Margiyono yang sejak Mei lalu mengisi posisi Kepala Staf Umum (Kasum TNI).

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x