Universitas Al Ghifari dan Kadin Kota Bandung Sepakat Jalin Kerja Sama

- 10 November 2021, 14:36 WIB
Unfari dan Kadin Kota Bandung sepakat mewujudkan program Kampus Merdeka dengan melakukan sejumlah kerja sama, Rabu 10 November 2021.
Unfari dan Kadin Kota Bandung sepakat mewujudkan program Kampus Merdeka dengan melakukan sejumlah kerja sama, Rabu 10 November 2021. /Unfari/



GALAMEDIA - Universitas Al-ghifari (Unfari) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerja sama (Memorandum of Agreement/MoA) dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Bandung.

Penandatangan kerja sama itu digelar di Meeting Room Kadin Kota Bandung, Rabu 10 November 2021. Sekaligus digelar juga diskudi dengan topik Pengembangan Pendidikan, Kewirausahaan dan Bisnis.

Penandatangan MoU ini langsung ditandatangani oleh Rektor Unfari, Dr. H. Didin Muhafidin dan Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa

Selain Rektor Unfari, acara dihadiri pula oleh semua  Wakil Rektor mulai dari wakil Bidang Akademik Heri, Bidang Kerja Sama, Achdjiat Sulaeman, dan Bidang keuangan, Hj. Eny Nuryani, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Edi Iskandar, dan Humas Unfari.

Baca Juga: Driver Ojol di Bandung Ngaku Diancam dengan Senpi, Begini Pernyataan Polisi

Rektor Unfari, Dr. H. Didin Muhafidin menyampaikan, seiring dengan program Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM), Unfari dan Kadin Kota Bandung akan membangun kerja sama dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat  (Tridharma Perguruan Tinggi).

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa menyampaikan, Kadin Kota Bandung menyadari panglima ekonomi di saat pandemi Covid-19 adalah UMKM.

Para pelaku UMKM bisa bertahan dengan swadaya mulai dari produksi hingga pemasaran.

"Namun mereka tetap butuh bantuan. Salah satunya dari perguraan tinggi terutama masalah teknologi," katanya.

"Termasuk yang konvesional, seperti program 'Coffee Monday' dan 'Kamis Manis Ngobrol Bisnis' yang perlu dukungan dari pihak lain," imbuhnya.

Baca Juga: Netflix Pastikan Squid Game Season 2, Ini Bocoran Skenario Seru Sutradara Hwang Dong-hyuk

Menurutnya, dua kegiatan tersebut butuh dukungan dari perguruan tinggi untuk menampung keluhan-keluhan  UMKM.
"Inovasi dan kolaborasi ini harus selalu kita lakukan, agar ekonomi bisa bangkit di tengah pandemi ini, dan menaikkan kualitas dan kelas dari UMKM," tuturnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x