ARS University Gandeng Uninus Implementasikan Kampus Merdeka

- 13 Agustus 2020, 08:59 WIB
 Rektor ARS University Dr. H. Purwadhi MPd., (kiri) usai penandatanganan kerjasama bersama Rektor UNINUS Prof. Dr. Engkus Kuswarno MS., (kanan) di Gedung Rektorat UNINUS Jln. Soekarno Hatta, Bandung, Selasa, 12 Agustus 2020.
Rektor ARS University Dr. H. Purwadhi MPd., (kiri) usai penandatanganan kerjasama bersama Rektor UNINUS Prof. Dr. Engkus Kuswarno MS., (kanan) di Gedung Rektorat UNINUS Jln. Soekarno Hatta, Bandung, Selasa, 12 Agustus 2020. /



GALAMEDIA - Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya (ARS University) kembali mengepakan sayapnya dengan menggandeng Universitas Islam Nusantara (Uninus) untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah tentang Kampus Merdeka.

Hal ini, dilakukan untuk memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dari kedua universitas untuk saling bertukar mahasiswa dalam perkuliahan sebanyak 2 semester (40 SKS) diluar kampus masing-masing.

Hadir dalam kegiatan ini, Rektor ARS University Dr. H. Purwadhi MPd., Wakil Rektor Akademik Dr. A. Rohendi SH., MH., MM., Wakil Rektor Bidang Kerjasma Wiseto Agung, Wakil Rektor Non Akademik Maxsy Ary, seluruh Dekan dan beberapa Kaprodi.

Baca Juga: Bikin Heboh, Dikira Masih Muda Ternyata Selebgram Ini Usianya 53 Tahun

Dari UNINUS seperti Rektor UNINUS Prof. Dr. Engkus Kuswarno M.S., Wakil Rektor Bidang Akdemik & Kemahasiswaan Dr. Achmad Mudrikah M.Pd., Dr. Sayid M. Rifqi Noval, S.H., M.H. sebagai Wakil Rektor Bidang Pengabdian Masyarakat, Penjaminan Mutu dan Inovasi Dr. Sayid M. Rifqi Noval, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Keuangan, SDM, Kerjasama, Komunikasi & IT Prof. Dr. Suganda Priyatna.

Menurutnya, Uninus ini merupakan rumah kedua baginya, hampir 8 tahun pernah menjadi bagian dan mengajar di Pascasarjana. Kesempatan tak akan datang begitu saja, begitu mendapat tawaran kerjasama dalam bidang Akademik dan penelitian bersama (joint research), tak berpikir panjang langsung ditangkapnya.

“Alhamdulillah, UNINUS ini merupakan rumah kedua saya setelah ARS University, hampir 8 tahun kami menjadi bagian dan mengajar di Pascasarjana, jadi sudah tak asing lagi. Kerjasama ini, sebagai bagian dari kebijakan pemerintah tentang Kampus Merdeka yang mengharuskan mahasiswa hampir 2 semester (40 SKS) belajar di luar kampus utama, seperti di kampus lain atau di Industri, hal ini yang menjadi pertimbangnnya,” kata Purwadhi saat meberikan sambutan di Gedung Rektorat UNINUS Jln. Soekarno Hatta, Bandung, Selasa, 12 Agustus 2020.

Baca Juga: Bikin Heboh, Dikira Masih Muda Ternyata Selebgram Ini Usianya 53 Tahun

Kerjasama ini, katanya, meliputi bidang akademik baik untuk di Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2), yang nantinya akan ditindak lanjuti oleh Dekan dan Kaprodi dimasing-masing Universitas. Selain itu juga, tentunya tak kalah pentingnya yakni di bidang penelitian bersama (joint research) dan inkubator bisnis, hal ini akan menjadi luaran yang sangat baik bagi kedua Universitas.

“Memang hal yang paling utama yakni mengimplementasikan program kampus merdeka dibidang akademik dan tentunya juga di bidang penelitian bersama antar kedua universitas yang menjadi fokus kami. Kami ini universitas lama dengan nama baru dan masih harus banyak menimba ilmu kepada yang senior seperti UNINUS ini, Gayung pun bersambut yang sama-sama mempunyai keingnan yang sama untuk mengimplementasikan program Mentari Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kampus Merdeka,” papar Purwadhi.

Sementara itu, Rektor UNINUS Prof. Dr. Engkus Kuswarno M.S., menjelaskan mengucapkan terima kasihnya kepada Rektor ARS University yang juga sahabat saat masih sama-sama remaja. Namun sebagai pimpinan lembaga tentunya, hal ini harus dituangkan dalam bentuk kerjasama antar kedua universitas yang mempunyai tujuan yang sama yakni implementasi Program Kampus Mereka.

Baca Juga: Sebelum di Broadway, Musikal Puteri Diana Bakal Tayang di Netflix

“Ya, beliau ini sahabatnya sejak masih remaja, tentunya dengan kedekatan individu ini, bisa menjadi nilai tambah kerjasama yang memberikan dampak bagi kedua universitas. Semua hal yang diutarakan di atas, kerjasama dibidang akademik baik S1 dan S2, penelitian dan lain sebagainya merupakan kebutuhan kedua universitas yang harus di implementasikan jangan hanya sekedar di atas kertas semata,” jelasnya.

Tentunya kedua universitas banyak memiliki sumber daya manusia yang masing-masing mempunyai kelebihan, pasalnya, tak saling apabila bisa berkolaborasi antar kedua universitas. Tak kalah seksinya, yakni kerjasama dibidang inkubator bisnis ini ARS University mempunyai SDM dibidang teknologi Informasi dan di UNINUS SDm di fakultas Ekonomi yang bisa menjadi kekuatan di masing-masing.

“Ya, kami merasa ini harus diimplementasikan dan harus ditindak lanjuti oleh masing-masing Dekan dan Kaprodi untuk merealisasikan kerjasama ini. Semoga tak memakan waktu lama, kami juga akan membalas kunjungan ini, dan merealisasikan bentuk program kerjasama kampus merdeka ini,” pungkasnya. (Krisbianto).**


Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x