Anggaran Penanganan Banjir di DKI Jakarta Paling Besar, Riza Patria: Setiap Tahun Tak Pernah Kurang Rp2 T

- 15 November 2021, 16:14 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria.
Wagub DKI Ahmad Riza Patria. /Instagram.com /@arizapatria/

GALAMEDIA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa anggaran penanganan banjir di DKI Jakarta setiap tahun termasuk yang paling besar dibanding bidang lainnya.

"Detailnya setiap tahun tidak pernah kurang dari Rp2 triliun yang kami anggarkan untuk penanganan banjir. Ini termasuk yang paling besar dibanding bidang-bidang lainnya," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin, 15 November 2021.

Penganggaran sebanyak itu, kata Riza, merupakan bentuk keseriusan, konsistensi dan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk pengendalian banjir.

Dana sebesar itu, kata Riza, untuk melaksanakan berbagai program seperti pengerukan lumpur di sungai, waduk, situ, embung, pembersihan selokan, got, gorong-gorong; pembuatan olakan, pembuatan tanggul, pembuatan waduk, pengadaaan pompa, pengadaan "early warning system" (EWS) hingga pembangunan sumur resapan.

Baca Juga: Nadya Arifta Berpose dengan Nagita Slavina, Kekasih Kaesang Ini Malah Kena Bully Netizen: Kok Mudaan Mama Gigi

Untuk sumur resapan, Riza menyebut sudah ada 67 persen lebih dari 26 ribu yang selesai, atau sekitar 18.111 yang sudah selesai.

"Jadi semua program memang kita buat seperti pembuatan tanggul, normalisasi kali, naturalisasi kali, sungai juga sudah semua," ujar dia.

Meski demikian, Riza menyebut semua program yang diusahakan tersebut memang berproses dan memerlukan waktu untuk dirasakan efeknya, tidak bisa satu tahun bahkan lima tahun.

Namun dia menyebut saat ini di daerah-daerah di seluruh Indonesia, banyak sekali daerah yang tergenang bahkan banjir hingga berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu, namun tidak demikian dengan Jakarta.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x