Dosen Unhan Sebut Jenderal Dudung Miliki Kemampuan Hadapi Perang Hibrida

- 18 November 2021, 06:15 WIB
Jenderal TNI Dudung Abdurachman.
Jenderal TNI Dudung Abdurachman. /ANTARA/Dhemas Reviyanto

GALAMEDIA - Jenderal TNI Dudung Abdurachman dinilai memiliki kemampuan yang cukup handal  dalam menghadapi perang hibrida atau perpaduan perang konvensional, tidak teratur dan ancaman cyber.

Hal itu diungkapkan oleh Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, saat menanggapi dilantiknya Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Jokowi.

“Letjen Dudung seorang Pati (Perwira Tinggi) yang memiliki kemampuan baik dalam menghadapi Peperangan Hibrida, dimana yang bersangkutan mampu membaca ancaman baik radikalisme maupun separatisme,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu  17 November 2021.

Baca Juga: Indonesia Akan Maju di Tangan Andika Perkasa-Dudung Abdurachman, Pengamat: Basmi Radikalisme!

Idealnya, seorang KSAD memang diharapkan memiliki kemampuan manajemen tempur dan diplomasi militer yang handal.

“Juga pengetahuan intelijen, serta cukup memahami perkembangan teknologi pertahanan baru termasuk Siber,” ujarnya.

Nuning menambahkan, seorang KSAD harus piawai menyesuaikan rencana strategisnya dengan Visi Misi Panglima TNI dan siap menerapkan jargon ‘TNI adalah Kita’.

Sehingga TNI AD menjadi institusi yang bisa turut menyelesaikan masalah radikalisme dan separatisme dengan cara yang tidak militeristik penuh, piawai dalam komunikasi antar budaya serta memiliki kemampuan kognitif yang bagus.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 Pekan Ini, Big Match Persib vs Persija dan Persita vs Bhayangkara FC

Seperti diketahui, Dudung Abdurachman diangkat menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang diangkat menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sebelum menjabat KSAD, Dudung menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) dengan pangkat Letnan Jenderal atau bintang tiga.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x