Jaksa Agung Ungkap Ciri-ciri Jaksa yang Bekerja Secara Profesional

- 28 November 2021, 21:40 WIB
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin/foto: istimewa
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin/foto: istimewa /

GALAMEDIA - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin kembali mengungkit soal kinerja jaksa.

Burhanuddin pun mengungkap ciri-ciri jaksa yang bekerja secara profesional.

Menurut Jaksa Agung, tidak ada alasan bagi jaksa untuk menunda agenda sidang pembacaan tuntutan apabila jaksa tersebut bekerja profesional.

Burhanuddin menegaskan, sejatinya tidak ada alasan penundaan sidang selain karena hal teknis, seperti tidak hadirnya saksi atau ahli mengikuti persidangan.

Baca Juga: Budayawan Ridwan Saidi Sebut Rezim Soeharto Lebih Enak Dari Pada Rezim Jokowi, Khususnya Soal Ekonomi

"Untuk itu saya tidak mau lagi mendengar ada penundaan sidang pembacaan tuntutan, terlebih dengan alasan rentut (rencana tuntutan, red.) belum turun dari pimpinan," kata Burhanuddin dalam keterangan tertulis Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Minggu, 28 November 2021.

Jaksa Agung yang memberikan pengarahan dalam kunjungan kerja di Sumatera Selatan menegaskan, integritas dan profesionalisme harus sudah menjadi standar minimum yang dimiliki setiap insan Adhyaksa.

"Saya ingatkan kepada kepala satuan kerja untuk mencermati hal ini, karena penundaan dapat mengindikasikan adanya potensi perbuatan tercela dan saya tidak segan untuk mengevaluasi jika masih ada jaksa yang menunda sidang pembacaan tuntutan tanpa ada alasan yang sah," tegasnya, dikutip dari Antara.

Terkait integritas dan profesionalisme seorang jaksa, Burhanuddin pernah menyampaikan bahwa dirinya tidak membutuhkan jaksa yang pintar tetapi tidak bermoral, dan tidak butuh jaksa yang cerdas tetapi tidak berintegritas.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x