Presiden RI Joko Widodo Bakal Membuka Kongres PA GMNI ke-4 di Bandung

- 30 November 2021, 11:01 WIB
Presiden RI Joko Widodo akan membuka Kongres PA GMNI ke-4 di Bandung
Presiden RI Joko Widodo akan membuka Kongres PA GMNI ke-4 di Bandung /Rio Ryzkie Batee

GALAMEDIA - Presiden RI, Joko Widodo akan membuka Kongres Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-4 yang akan digelar di Kota Bandung pada 6-8 Desember 2021.

 
Kongres yang berlangsung setiap 5 tahun sekali ini sempat ditunda karena masa pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, DPP memutuskan untuk menunda hingga 2021. 
 
Ketua DPD PA GMNI Jabar, Abdi Yuhana mengatakan bahwa pemilihan lokasi kongres di Kota Bandung karena GMNI memiliki nilai historis perjuangan Soekarno di masa kemerdekaan. Dengan demikian, pada Kongres kali ini akan mengusung tema Nasionalisme menjawab tantangan bangsa. 
 
 
"Kongres ini pun akan membahas persoalan strategis ke depan. Salah satunya revolusi Industri 4.0 dan bank data menjadi hal yang penting dalam pembangunan bangsa," ungkapnya di Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung, Senin sore (29/11/2021). 
 
Abdi menilai nasionalisme saat ini menjawab tantangan teknologi informasi yang berkembang pesat, dimana revolusi 4.0 dan kecerdasan buatan begitu mendominasi di ruang-ruang berbangsa dan bernegara. 
 
Dalam kongres ini pun akan membahas bagaimana Pancasila dalam tiga hal yakni Pancasila sebagai keyakinan berbangsa dan bernegara, sebagai diskursus, dan Pancasila menjadi pelaksanaan dalam kehidupan bermasyarakat. 
 
 
Abdi mengungkapkan sebelumnya kongres rencananya dilaksananakan pada Juni 2021 lalu, diundur karena Indonesia mengalami puncak pandemi Covid-19. Untuk itulah, pihak PA GMNI akan merekomendasikan kepada pemerintah dalam menghadapi pandemi gelombang ketiga. 
 
"Kami melihat pada Juni kemarin, negara belum siap menghadapi saat puncak Covid-19. Kesehatan, ketersediaan oksigen, dan jaringan pengaman sosial belum sempurna, " ujarnya
 
Ia menambahkan bahwa kongres ini pun akan memberikan rekomendasi kebijakan negara dalam menghadapi pandemi global Covid-19. Seperti vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat sudah mencapai 80 persen. 
 
"Diharapkan program vaksinasi di tingkat nasional terus berlanjut sehingga tercipta herd immunity di seluruh lapisan masyarakat,"pungkasnya.*** 

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x