Waspadai Longsor dan Pohon Tumbang Cadas Pangeran, Bupati: Waspada dan Jangan Terlena!

- 30 November 2021, 11:07 WIB
Anggota Polres Sumedang  bersama unsur TNI dan BPBD Kabupaten Sumedang,  mengevaluasi pohon tumbang di wilayahnya Cigendel/Kawasan Cadas Pangeran,  Jalan Raya Bandung-Cirebon.  Ade Hadeli/Galamedia//
Anggota Polres Sumedang  bersama unsur TNI dan BPBD Kabupaten Sumedang,  mengevaluasi pohon tumbang di wilayahnya Cigendel/Kawasan Cadas Pangeran,  Jalan Raya Bandung-Cirebon.  Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Menyikapi intensitas hujan yang masih relative ditinggi dan berlangsung lama yang terjadi saat ini, masyarakat khususnya pengguna jalan yang melintas di Kawasan Cadas Pangeran, Jalur Sumedang-Bandung, agar mewaspadai longsor dan ancaman pohon tumbang.

“Kami tidak henti-hentinya untuk mengimbau dan mengingatkan masyarakat, agar selalu waspada saat melintas di kawasan Jalan Cadas Pangeran. Sebab di lokasi tersebut, masih terdapat beberapa titik lokasi potensi longsor dan  ancaman pohon tumbang,” kata Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Selasa 30 November 2021.

Baca Juga: Galau dan Gelisah dengan Pilihan? Segera Lakukan Salat Istikharah


Disebutkannya, kondisi jalan di Kawasan Cadas Pangeran cukup bagus. Namun demikian, jangan sampai membuat pengguna jalan yang melintas di sana jadi terlena atau kehilangan kewaspadaan.

Pasalnya pada saat turun hujan, aliran cileuncang yang meluncur dari atas tebing sebelah kiri dari arah Bandung, selalu diberengi lumpur dan bebatuan. Jika material itu menimpa jalan maka, akan membuat jalan jadi licin.

“Kondisi itu, sangat membahayakan penguna jalan, terutama bagi pengendara motor. Oleh sebab itu, tetaplah waspada saat melintas di Kawasan Cadas Pangeran,” katanya.

Baca Juga: Presiden RI Joko Widodo Bakal Membuka Kongres PA GMNI ke-4 di Bandung

Persoalan besar lainnya, seiring intensitas hujan yang relatif tinggi disekitar kawasan tersebut, selalu menimbulkan longsor dan pohon tumbang. Walau dalam skala kecil, tapi kejadian tersebut, sering menggangu arus lalu lintas.

Apalagi, jika longsoran tanah dan bebatuan yang meluncur dari atas tebing itu, sampai menimbun sebagian badan jalan.

“Walau volume longsoran skalanya kecil, tetap saja dampaknya dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan membahayakan pengguna jalan. Demikian pula halnya, ketika ada pohon tumbang yang sampai melintang ke jalan. Seperti yang terjadi malam tadi. Pohon pinus berukuran tinggi besar tumbang ke jalan, di wilayah Cigendel menuju Kawasan Cadas Pangeran," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Gangga Kusuma Selebgram Sekaligus Musisi yang Lamar Awkarin, Viral dengan Lagu Blue Jeans


Malam tadi, Polres Sumedang mengevakuasi pohon tumbang berupa pohon pinus yang melintang ke bahu jalan di wilayah cigendel, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang.

Kegiatan itu, dipimpin Kasat Sabhara AKP. Anton, bersama dengan unsur TNI, BPBD Sumedang, Dalmas dan Sat lantas Polres Sumedang.

Untuk mempercepat jalannya evakuasi pohon tumbang, dilakukan pemotongan pohon dengan menggunakan chainsaw.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x