Siklon Tropis Nyatoh Terpantau Dekat Wilayah Indonesia, Kecepatan Angin Capai 65 Km Per Jam

- 30 November 2021, 19:53 WIB
Foto Ilustrasi:/ Pixabay/DerTobiSturmjagd)
Foto Ilustrasi:/ Pixabay/DerTobiSturmjagd) /

GALAMEDIA - Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan cuaca ekstrem.

Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memantau pertumbuhan Siklon Tropis Nyatoh di Belahan Bumi Utara (BBU) dan dua bibit siklon yang terbentuk sekitar wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, Siklon Tropis Nyatoh terbentuk di sekitar Samudra Pasifik Barat sebelah utara Papua, tepatnya di posisi 13.0 derajat Lintang Utara (LU) 139.8 derajat Bujur Timur (BT) atau sekitar 1.630 km sebelah utara timur laut Biak.

Baca Juga: Peristiwa 1 Desember: Bung Hatta Resmi Mundur dari Jabatan Wapres RI, Kecelakaan Pesawat Tewaskan 92 Orang

"Angin maksimum di sekitar Siklon Nyatoh yang terbentuk pada Selasa (30/11) mencapai 35 knot (65 km/jam) dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya mencapai 1.000 hPa dengan pergerakan sistemnya ke arah barat-barat laut menjauhi wilayah Indonesia," terangnya, dikutip dari Antara.

Diperkirakan dalam 48 jam ke depan Badai Tropis Nyatoh masih konsisten meningkat perkembangannya dengan pergerakan semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Sementara itu Bibit Siklon Tropis 94W yang diidentifikasi sejak 29 November 2021 saat ini sudah berada di sekitar Teluk Thailand, tepatnya berada di 9.3 derajat LU, 101.0 derajat BT.

Berdasarkan analisis tanggal 30 November 2021, angin maksimum di sekitar Bibit Badai Tropis 94W mencapai 20 knot (37 km/jam) dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya mencapai 1.005 hPa.

Baca Juga: Fantastis! Ini 9 Ketum Parpol di Indonesia Paling Tajir Melintir, Nomor Satu dan Dua Capai Triliunan Rupiah

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x