Sertifikasi TKDN Kemenperin Lampaui Target, Sekjen Kemenperin : Bisa Dukung Pertumbuhan Ekonomi

- 16 Desember 2021, 17:09 WIB
 Sekjen Kemenperin, Dody Widodo pada Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Hotel Pullman, Jln. Dipenogoro, Kota Bandung, Kamis (16/12/2021).
Sekjen Kemenperin, Dody Widodo pada Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Hotel Pullman, Jln. Dipenogoro, Kota Bandung, Kamis (16/12/2021). /

GALAMEDIA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Dody Widodo mengatakan bahwa Sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) saat ini telah mengalami kemajuan yang signifikan.

Terlebih, saat ini Sertifikasi TKDN telah melampaui target yang ditetapkan yaitu, 9 ribu sertifikat gratis.

Sedangkan di industri hulu migas, berkat sertifikasi TKDN telah menghasilkan total nilai kontrak pada 2020-2021 ke kalangan IKM (Industri Kecil Menengah) pendukung industri migas sebesar Rp11 triliun lebih.

"Melalui APBN, Pemerintah juga telah memberikan fasilitas sertifikasi TKDN sebanyak 371 produk pada 10 Desember 2021," ungkapnya disela-sela Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Hotel Pullman, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 16 Desember 2021.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Pemerintah Daerah Antisipasi Penyebaran Omicron di Daerahnya Masing-masing

"Ini pun telah melampaui target yaitu 314 produk. Sehingga total sertifikat TKDN telah diberikan pada 9.841 produk pada 10 Desember 2021," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja menerangkan bahwa pihaknya selalu mendukung upaya pemerintah dalam menekan laju impor dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

"Melalui program ini, maka akan memberi keuntungan untuk Jawa Barat karena bisa mendukung pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia/PTSI, M. Haris Witjaksono menuturkan bahwa lebih dari 320 pengusaha industri dan perangkat daerah Provinsi Jabar telah menghadiri kegiatan tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x