Jelang Nataru, Polres Garut Cek Kendaraan dan Pengemudi Angkutan Umum

- 21 Desember 2021, 16:38 WIB
Sejumlah pengemudi angkutan umum saat menjalani tes urine di Terminal Guntur Garut, Selasa 21 Desember 2021.
Sejumlah pengemudi angkutan umum saat menjalani tes urine di Terminal Guntur Garut, Selasa 21 Desember 2021. /Agus Somantri/Galamedia/


GALAMEDIA - Kepolisian Resor (Polres) Garut lakukan pengecekan angkutan umum serta kesehatan pengemudi di Terminal Guntur Garut, Selasa 21 Desember 2021.

Langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu kesiapan dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang dari dan ke wilayah selama Matal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Unit Penegakan Hukum (Kanit Gakkum) Satlantas Polres Garut, Ipda Priyo Sambodo, mengatakan, bahwa seluruh angkutan umum baik bus dan juga mini bus yang biasa mengangkut penumpang dari Terminal Guntur Garut hari ini dicek menyeluruh oleh pihaknya.

"Langkah ini untuk mengecek kesiapan, baik kondisi kendaraan, surat-suratnya, hingga hal-hal yang kaitannya untuk penerapan protokol kesehatan. Kondisi kendaraan betul-betul kita cek karena kondisi saat ini rawan kecelakaan dan bencana karena musim hujan," ujarnya di Terminal Guntur Garut, Selasa 21 Desember 2021.

Baca Juga: Herry Wirawan Dipastikan Salahgunakan Dana Bansos! Kajati Jabar: Ada Penyelewengan Program Indonesia Pintar

Menurut Priyo, selain pengecekan kendaraan, terhadap para pengemudi (angkutan umum) pun dilakukan pemeriksaan tes urine untuk memastikan bahwa mereka tidak dalam pengaruh narkotika dan obat-obatan terlarang saat mengemudikan kendaraannya.

Ia menyebutkan, sedikitnya ada 50 penemudi bus dan mini bus yang dites secara acak oleh pihak kepolisian, melalui Satuan Reserse Narkoba Polres Garut.

Priyo menuturkan, berdasarkan hasil pengecekan kendaraan, dipastikan seluruh bus dan mini bus di Garut secara umum dinyatakan layak untuk digunakan.

Selain itu, lanjutnya, dari hasil tes urine kepada para pengemudi juga tidak ada satu pun yang hasil testnya menunjukan positif narkoba.

Kita lakukan pengecekan rem, lampu-lampu, dan tekanan angin dan kondisi ban kendaraan serta sopir yang harus bebas dari konsumsi narkoba karena keselamatan penumpang menjadi prioritas yang utama," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x