Panji Tirtayasa Sebut Hari Lahirnya Kabupaten Bandung Barat Tanggal 2 Januari, Bukan 19 Juni

- 2 Januari 2022, 19:00 WIB
Peringatan Hari Lahir UU 12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat di Sekretariat Paguyuban Pejuang Pembangunan Peduli (P4KBB di  Ngamprah, KBB, Minggu 2 Januari 2022.
Peringatan Hari Lahir UU 12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat di Sekretariat Paguyuban Pejuang Pembangunan Peduli (P4KBB di Ngamprah, KBB, Minggu 2 Januari 2022. /Dicky Mawardi/Galamedia/

GALAMEDIA - Dewan Penasehat Paguyuban Pejuang Peduli Pembangunan Kabupaten Bandung Barat (P4KBB) Panji Tirtayasa menyebut bahwa hari lahirnya Kabupaten Bandung Barat (KBB) bukan 19 Juni yang selama ini diperingati.

"Tanggal 2 Januari 2007 itu merupakan hari lahirnya Kabupaten Bandung Barat, sementara 19 Juni yang setiap tahun diperingati itu merupakan hari terbentuknya pemerintah di KBB. Oleh karena itu, kalau mau mengenang sejarah jangan melupakan 2 Januari. Karena itulah hari lahirnya KBB," tegas Panji Tirtayasa.

Pernyataannya itu disampaikanya pada acara peringatan Hari Lahir UU 12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat di Sekretariat Paguyuban Pejuang Pembangunan Peduli (P4KBB di  Ngamprah, KBB, Minggu 2 Januari 2022.

Baca Juga: Sambut 2022, KPED Jabar Akan Fokus Tangani Kemiskinan Ekstrem

Kegiatan itu dihadiri Ketua P4KBB Yakub Anwar Lewi, tokoh pemekaran di antaranya Megahari, Syahbandar, Kepala Kesbangpol KBB Soeryaman Effendi, Camat Ngamprah Agnes Virganty, pengamat politik Dijamu Kertabudi, sejumlah pimpinan partai politik, Kepala Desa Cilame Aas Moch. Astor, dsb.

Menurutnya, 2 Januari 2007 menjadi momentum lahirnya daerah otonom baru, Kabupaten Bandung Barat. Pada tanggal itu disahkannya UU 12 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bandung Barat.

"Bandung Barat itu lahir dan disahkan pada 2 Januari 2007. Manusia pun ulang tahunnya dirayakan bertepatan dengan tanggal kelahirannya, bukan setelah dia bisa berjalan atau setelah di sunat. Maka dari itulah, kami menyarankan agar peringatan Hari Jadi KBB dikembalikan ke 2 Januari," sarannya.

Baca Juga: Lukai Hati Kate Middleton, Pangeran Harry dan Meghan Markle Masih Marah Gara-gara Foto

Pemkab Bandung Barat pernah 3 kali memperingati Hari Jadi KBB pada 2 Januari. Namun selanjutnya dan sampai sekarang diperingati setiap 19 Juni.

"Saya pun melihat sudah 15 berdiri, Bandung Barat masih jauh dari harapan para pendiri yang saya ibaratkan sudah berjuang sampai berdarah-darah. Jaring infrastruktur belum terbangun sesuai harapan, kalaupun di selatan ada pembangunan itu CSR dari proyek nasional," paparnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x