Kronologi Hasil Tes PCR PT LIB Berbeda dengan Hasil Tes Persebaya

- 7 Februari 2022, 11:57 WIB
Tim Persebaya Surabaya/Instagram/@officialpersebaya
Tim Persebaya Surabaya/Instagram/@officialpersebaya /

GALAMEDIA - Persebaya Surabaya sebagai salah satu klub kompetisi Liga 1 2021/2022 selalu berupaya mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Untuk memutus rantai penularan Covid-19, Persebaya melakukan tes mandiri secara berkala termasuk pada hari Jumat 4 Februari 2022.

Tes tersebut dilakukan agar mengetahui siapa saja yang akan diikutkan dalam sesi latihan official training (OT) pada Sabtu pagi.

Baca Juga: Sekali Posting 10 Juta Like, Ronaldo Jadi Manusia Pertama dengan 400 Juta Followers Instagram

Dilansir dari laman resmi klub pada 4 Februari 2022, ada tambahan pemain yang dikonfirmasi terpapar Covid-19, yaitu Samsul Arif, Satria Tama, dan M. Hidayat.

Mereka pun tidak diikutkan dalam sesi latihan official training, sedangkan untuk Tama tidak ikut OT karena sedang dalam pemulihan operasi.

Sebelum melaksanakan pertandingan kontra Persipura, Persebaya Surabaya melakukan tes PCR terlebih dahulu pada tanggal 5 Februari.

Baca Juga: Menag Yaqut Atur Jarak Jemaah hingga Durasi Ceramah, Anak Buah AHY Tanya Aturan Jokowi Lempar Kaos

Hasil yang diterima Persebaya cukup mengejutkan, ternyata Dayat dan Samsul negatif sesuai lembaran tes tertulis Rumah Sakit Umum Bali Jimbaran dengan pengambil sampel Kimia Farma.

Di sisi lain, sejumlah pemain yang tes pada 4 Februari negatif, menjadi positif pada tes 5 Februari. Padahal jeda tidak sampai 24 jam.

Setelah menerima hasil tes yang dari PT LIB pada 6 Februari 2022, Persebaya pun melakukan tes secara mandiri pada siang harinya.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Benar-benar Bakal Pindahkan Makam Vanessa Angel? Haji Faisal Mendadak Ajak Gala Sky Ziarah

Tes di laboratorium yang sampelnya diperiksa di rumah sakit yang sama dengan tes LIB. Ini dilakukan tim untuk mencari second opini karena pemain yang terpapar merupakan pemain utama tim Persebaya.

Dari hasil tes mandiri yang dilakukan Persebaya pada 6 Februari, didapatkan hasil bahwa Ricky, Bruno, Taisei, Alwi, juga Koko negatif.

Bek tengah andalan Arif Satria pun sudah negatif. Sementara Coach Aji tetap positif. Hasil tes mandiri diterima Persebaya pada pukul 16.50 WITA.

Baca Juga: Hiii..! Ada 2 Sarang Ular di Rumah Baim Wong, Panji Petualang Ungkap Alasannya

Berdasarkan hal tersebut Persebaya Surabaya mengambil tiga sikap untuk meminta PT LIB agar melakukan evaluasi hasil test PCR Liga 1 2021:

1. Meminta PT LIB untuk melakukan evaluasi proses tes PCR Covid-19.

2. Klub diberi kebebasan atau pilihan melakukan tes PCR mandiri yang hasilnya sah dan diakui untuk bertanding

3. PT LIB bisa menunjuk Rumah Sakit atau Laboratorium yang kredibel sebagai rujukan dilakukannya tes PCR mandiri.

LIB juga bisa menentukan untuk batas waktu hasil tes mandiri bisa digunakan untuk menentukan pemain yang akan bertanding 1 jam atau 2 jam sebelum kick-off.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x