Selalu Gagal di Partai Final, Lionel Messi CS: Kutukan dari Si Tangan Tuhan?

- 9 Februari 2022, 15:29 WIB
Sejak kasus "Tangan Tuhan" , Argentina tak pernah lagi menjuarai Piala Dunia sepak bola/Instagram/@teamoargentina
Sejak kasus "Tangan Tuhan" , Argentina tak pernah lagi menjuarai Piala Dunia sepak bola/Instagram/@teamoargentina /
GALAMEDIA – Gelaran Piala Dunia yang diadakan 4 tahun sekali ini tak terasa sudah mendekati. Kali ini giliran negara Qatar yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.
 
Tim-tim dari berbagai benua saat ini sedang berjuang memperebutkan tiket masuk fase grup Piala Dunia, melalui pertandingan kualifikasi.
 
Argentina berhasil mendapatkan tiket Piala Dunia 2022 Qatar, usai tim Chile menelan kekalahan oleh tim Ekuador dalam laga babak kualifikasi zona CONMEBOL.
 
 
Argentina sebenarnya bisa mengamankan tiket untuk lolos ke Piala Dunia 2022, andai menang saat menjamu Brasil di Estadio San Juan del Bicentenario, Rabu (17/11/2021) pagi WIB. Namun, Tim Tango gagal meraih tiga angka akibat tertahan 0-0.
 
Argentina adalah salah satu tim paling menonjol di ajang Piala Dunia. Tak dipungkiri tim yang dijuluki Tim Tango ini, telah menjuarai Piala Dunia sebanyak 2 kali.
 
Pada pergelaran Piala Dunia tahun 1978 tanggal 1 Juni sampai 25 Juni. Pada saat itu, Argentina sebagai tuan rumah berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 3-0 di stadion Estadio Monumental, Buenos Aires setelah perpanjangan waktu.
 
 
Tim yang dulu di asuh oleh pelatih Cesar luis Menotti ini, akhirnya mendapatkan gelar juara Piala Dunia untuk pertama kalinya.
 
Selang 8 tahun, pada pergeleran Piala Dunia 1986 di Mexico kembali Argentina meraih kembali Piala Dunia. Pertandingan final antara tim Argentina melawan tim Jerman barat (Jerman). Argentina berhasil menang dengan mencetak skor akhir 3-2 di stadion Estadio Azteca, Kota Meksiko.
 
Dan pada Piala Dunia ini pula, terjadi peristiwa yang disebut goal “Tangan Tuhan” yang di lakukan oleh Diego Maradona, pada perempat final melawan tim Inggris.
 
 
Maradona melakukan goal dengan tangannya ke gawang kiper Inggris Peter Shilton, bola yang berasal dari  umpan yang di berikan Maradona ke Jorge Valdano, gagal karena berhasil di potong oleh Steve Hodge, yang kemudian bola malah mengarah ke mulut gawang yang berhasil di manfaatkan kembali oleh Maradona, dengan sedikit “Sentuhan Tangan Tuhan”.
 
Wasit yang menangani jalan pertandingan Ali Bin Nasir mengesahkan goal tersebut. Dan sontak membuat para pemain tim Inggris melakukan protes keras.
 
Sejak saat itu, Argentina selalu tak pernah lagi menjuarai Piala Dunia. Bahkan sekelas pemain top dunia saat ini Lionel Messi, belum bisa membawa kemenangan negara kebanggannya itu di Piala Dunia.
 
 
Argentina selalu saja kalah di partai final, seperti di Piala Dunia 1990, dan 2014. Argentina dengan kebetulan selalu takluk di final oleh Tim panser Jerman.
 
Apakah di Piala Dunia 2022 kali ini, Argentina akan berhasil kembali merebut Piala Dunia tahun 1986 nya? Kita nantikan saja ya geng bagaimana perjuangan Tim Tango di Piala Dunia Qatar nanti. Salam olahraga.***
 

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x