Wagub Jabar Rencanakan Desa Jati di Garut Jadi Desa Wisata Ikan

- 11 Februari 2022, 14:43 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, saat mengunjungi Koperasi Mitra Usaha Tani Mina Farm di Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jumat 11 Februari 2022./Agus Somantri/Galamedia
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, saat mengunjungi Koperasi Mitra Usaha Tani Mina Farm di Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jumat 11 Februari 2022./Agus Somantri/Galamedia /

GALAMEDIA - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil juga Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan mengunjungi Koperasi Mitra Usaha Tani Mina Farm di Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jumat 11 Februari 2022.

Uu mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna mensukseskan rencana Pemerintah Jawa Barat (Pemprov Jabar) beserta Kabupaten Garut untuk membuat Desa Jati menjadi Desa Wisata yang memiliki potensi ikan yang tinggi.

"Hari ini saya datang ke sini karena disini ada potensi ikan yang luar biasa, dan ini bukan tahap awal tapi ini sudah berjalan. Dan saya senang karena disini (Koperasi Mitra Usaha Tani Mina Farm) menampung ikan dari masyaraka, sehingga masyarakat tidak susah untuk menjual ikannya, karena bisa dijual di sini," ujarnya, Jumat 11 Februari 2022.

Baca Juga: Warga Wadas Harus Mendapatkan Penghormatan dari Negara, Dedi Mulyadi: Mereka Nasionalis Sejati!

Menurut Uu, dengan adanya Koperasi Mitra Usaha Tani Berkah Mina Farm ini, petani ikan dapat menjual ikan dengan harga yang layak meski nantinya sampai ke masyarakat dengan harga terjangkau.

"Harga dari petani lebih mahal, sementara sampai ke konsumen bisa jauh lebih murah. Bisa beda dengan harga di pasaran sekitar Rp 4 ribu hingga Rp 5 ribu. Hal semacam ini yang harus kita dorong, sehingga masyarakat semakin tertarik untuk ternak ikan dan masyarakat lainnya mudah mendapatkan ikan," ucapnya.

Uu berharap, dengan adanya hal ini akan ada efek domino yang akan menyejahterakan seluruh masyarakat. Dimana hasil yang diinginkan adalah ekonomi masyarakat akan meningkat dan kesehatan masyarakat pun meningkat dengan terpenuhinya gizi dari ikan yang dijual.

Ia menuturkan, pihaknya akan berusaha dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut termasuk penduduk setempat untuk menjadikan Desa Jati desa wisata ikan, meskipun menurutnya semua ini harus dilakukan pengkajian dulu.

Baca Juga: Luar Biasa! BRI Dinobatkan Sebagai Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x