Minat Terhadap Ikan Hias Cupang Terus Meningkat, Ribuan Ikan Ramaikan CAF Betta Festival 2022

- 14 Januari 2022, 18:24 WIB
Juri sedang menilai ikan hias cupang pada CAF Betta Festival 2022 di Kawasan Jalan Gatsu, Kota Bandung, Jumat (14/1/2021).
Juri sedang menilai ikan hias cupang pada CAF Betta Festival 2022 di Kawasan Jalan Gatsu, Kota Bandung, Jumat (14/1/2021). /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

GALAMEDIA - Minat terhadap ikan hias cupang terus mengalami peningkatan ditengah masyarakat, terlihat dari ribuan ikan hias cupang yang mengikuti CAF Betta Festival 2022.

Meski sempat mengalami trend naik turun, namun komunitas ikan hias cupang tetap bertahan bahkan bertambah.

Event Director of CAF Betta Festival, Zaenal Somantri mengatakan bahwa pihaknya optimis dengan minat dan trend ikan cupang hias di Indonesia, khususnya Kota Bandung.

"Dari awal boomingnya ikan hias cupang yakni tahun 1998 hingga sekarang, peminatnya maupun komunitasnya terus bertambah," ungkapnya disela-sela CAF Betta Festival di Kawasan Jalan Gatot, Kota Bandung, Jumat, 14 Januari 2022.

Menurutnya dalam festival tersebut dilakukan penjurian kepada ribuan ikan hias dan cupang, yang masuk dalam 137 kelas. Puncak dari penjuriannya akan dicari ikan hias cupang yang menjadi The Best Of Show.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Banjir Pujian Usai Sentil Artis 'Good Looking' yang Terjerat Narkoba Diperlakukan Istimewa

"Kita berharap nantinya ikan hias cupang ini tidak hanya jadi ikan biasa, tapi bisa disamakan seperti ikan koi atau arwana. Karena ada nilai atau value lebih nya," terangnya.

Zaenal menjelaskan bahwa untuk penjurian ada dua kategori yaitu standar International Betta Congress atau IBC dan SNI. Dimana IBC merupakan standar internasional dan SNI standar nasional.

"Beberapa poin yang dinilai yaitu warnanya, kemudian foam bagian ekor dan ukuran ikan. Untuk jumlah tim, kurang ada ratusan tim yang ikut, dengan hadiah total Rp 500 juta," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x