Heboh Video Parodi Kritik Jokowi, Refly Harun: Bisa Jadi Presiden Gak Baperan, Tapi Pendukungnya yang Baper

- 12 Februari 2022, 20:20 WIB
Heboh Video Parodi Kritik Jokowi, Refly Harun: Bisa Jadi Presiden Gak Baperan, Tapi Pendukungnya yang Baper/Jokowi (kiri) Refly Harun (kanan)
Heboh Video Parodi Kritik Jokowi, Refly Harun: Bisa Jadi Presiden Gak Baperan, Tapi Pendukungnya yang Baper/Jokowi (kiri) Refly Harun (kanan) /Kolase Intagram/@jokowi dan tangkap layar YouTube Refly Harun.

GALAMEDIA – Ahli Hukum Tata Negara, Refly Harun menyoroti video klip parodi ‘Aku Takut’ milik band Repvblik yang diduga kuat untuk mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam video, sang penyanyi mengungkapkan kekecewaannya pada Jokowi di periode pertama, yakni tahun 2014-2019 (menjelang Pemilihan Umum 2019).

Sebab, dalam video tersebut terlihat ada foto Jokowi dengan Jusuf Kalla dan Jokowi dengan Maruf Amin.

Dalam liriknya, sang penyanyi mengungkit sejumlah janji Jokowi yang tidak terealisasi dan kebijakan yang dinilai tidak pro rakyat.

Menurut Refly, hal ini menarik untuk dibahas, bukan karena kritik ke Jokowi tapi soal kreativitas masyarakatat.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Musik Haram atau Tidak dalam Islam, Ustadz Khalid Basalamah: Jangan Perdengarkan Pada Anak

“Menarik ya. Bukan karena mengkritik Presiden Jokowi nya, tetapi kreativitas nya di masyarakat (itu) satu hal,” ujarnya melalui kanal Youtube Refly Harun dilansir Galamedia Sabtu, 12 Februari 2022.

“Dua hal adalah, bagaimana politik itu diparodikan. Jadi kecerdasan yang tinggi dalam politik adalah kalau kita bisa memparodikan politik,” sambungnya.

Kemudian, Refly menjelaskan bahwa lagu tersebut berisikan soal mengkritik Jokowi terkait kebijakannya.

Baca Juga: Ramuan Daun Pepaya dan Jahe Ampuh Menyembuhkan Omicron, Ahli Farmasi Bilang Begini

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x