Wabup Sumedang Ingatkan Pengusaha Kopi , Ada Apa Ya?

- 20 Februari 2022, 19:54 WIB
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir menikmati secangkir kopi, pada acara Festival Kopi Sumedang, di Kawasan IPP Kabupaten Sumedang,  beberapa waktu lalu. Ade Hadeli/Galamedia//
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir menikmati secangkir kopi, pada acara Festival Kopi Sumedang, di Kawasan IPP Kabupaten Sumedang, beberapa waktu lalu. Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Menjamurnya usaha kopi (sejenis Cafe dan kedai), di Kabupaten Sumedang belakangan ini, memaksa Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan angkat bicara.

"Sekarang ini minat masyarakat untuk usaha minuman kopi cukup tinggi. Ini sangat bagus untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, termasuk petani kopi. Namun saya berpesan, fenomena ini tidak hanya sekadar menjadi tren yang kemudian perlahan hilang," ujar Erwan, kemarin.

Pemda sebut dia, tentunya menyambut baik tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha Kopi, khususnya Kopi Sumedang.

Salah satu bentuk kepedulian terhadap para penggiat Kopi di Kabupaten Sumedang, Pemda sudah berulang kali menggelar berbagai kegiatan, seperti Festival Kopi Sumedang dan gelar produk di daerah lain.

Baca Juga: 7 Negara Ini Raih Predikat jadi Negara Tersepi di Dunia, Dihuni 7 Orang Saja, Ada yang Mau Pindah?

Melalui dinas terkait, pihaknya mempunyai program pembinaan dan pelatihan kepada para petani kopi, mulai dari budi daya kopi sampai ke perawatan, dan proses paska panen.

Sehingga para petani bisa betul-betul menghasilkan kopi terbaik di Sumedang.

Disamping itu, juga memberikan bantuan berupa peralatan paska panen. Seperti alat roasting kopi yang diberikan kepada beberapa UMKM kopi serta memberikan fasilitas permodalan KUR.

Ke depannya kopi menjadi andalan Kabupaten Sumedang dimana hampir di setiap kecamatan di Sumedang bisa menghasilkan Kopi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x