KABAR BAIK! Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Sebut Kasus Covid-19 Sudah Melandai

- 27 Februari 2022, 20:01 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. /Dokumentasi Humas Setkab//

 
GALAMEDIA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan tren kasus COVID-19 harian dan keterisian rumah sakit di Indonesia kini sudah mulai melandai.

"Hasil 'review' minggu lalu secara nasional, tren kasus dan hospitalisasi harian sudah mulai melandai," kata Menkes Budi dalam konferensi pers secara daring, Minggu, 27 Februari 2022.

Pihaknya menjelaskan di beberapa provinsi sudah terjadi penurunan jumlah penularan dan tingkat positif tes COVID-19.

"Kami melihat beberapa provinsi sudah 'confirm' terjadi penurunan dari jumlah penularan maupun positivity rate-nya, seperti DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku, Papua, NTB itu sudah mulai menurun, 'confirm' ya, tiga minggu berturut-turut," katanya.

Baca Juga: Ada Usulan Pemilu 2024 Ditunda, Ketua Umum PBNU: Saya Rasa Ini Masuk Akal

Sementara ada beberapa provinsi lainnya yang sudah mulai menurun namun masih harus dilihat konsistensi penurunannya dalam dua pekan ke depan di antaranya Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Budi menambahkan penurunan kasus di provinsi dengan populasi besar menyebabkan penurunan tingkat keterisian rumah sakit.

"Yang masuk rumah sakit dalam beberapa hari terakhir ini sudah terjadi penurunan disebabkan karena kontribusi provinsi-provinsi yang populasinya besar sudah menurun," katanya.

Baca Juga: Jika Jokowi Tak Tegas Soal Penundaan Pemilu 2024, Komisaris Ancol: Bedanya Apa dengan Soeharto?

Dia mengatakan belajar dari pengalaman provinsi-provinsi di Jawa dan Bali selama merebaknya varian Omicron, tingkat keterisian rumah sakit mencapai 40 persen sampai dengan 50 persen dibandingkan saat merebaknya varian Delta.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x