Indonesia Bersiap Menuju Endemi Covid-19, IDI Sebut Syarat Ini Wajib Dipenuhi

- 5 Maret 2022, 15:31 WIB
Ilustrasi Covid-19. Indonesia Bersiap Menuju Endemi Covid-19, IDI Sebut Syarat Ini Wajib Dipenuhi
Ilustrasi Covid-19. Indonesia Bersiap Menuju Endemi Covid-19, IDI Sebut Syarat Ini Wajib Dipenuhi /Tangkapan layar Unsplash/ Fusion Medical Animation

GALAMEDIA - Pemerintah saat ini tengah bersiap mengubah status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, saat ini pihaknya tengah menyiapkan protokol terbaru perihal perubahan status Covid-19 di Indonesia dari pandemi ke endemi.

"Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden, tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya," ujar Budi Gunadi Sadikin dikutip Galamedia dari ANTARA Senin, 28 Februari 2022.

Baca Juga: Temukan Sofa di Pinggir Pantai, Susi Pudjiastuti: Punya Siapa Ya?

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mengatakan kondisi Covid-19 di Indonesia sudah menuju status endemi.

Salahsatunya kata Zubairi Djoerban ditandai dengan vaksinasi yang sudah mencapai 70 persen secara nasional dan kasus aktif yang terus menurun.

"Kasus baru dan aktif turun drastis. Vaksinasi penuhi 70 persen," katanya dikutip Galamedia dari Twitter @ProfesorZubairi, Sabtu 5 Maret 2022.

Kendati demikian Zubari Djoerban mengingatkan ada sejumlah syarat lain sebelum Indonesia masuk ke status endemi Covid-19.

Baca Juga: Survei: Prabowo Subianto Jadi Capres Paling Disukai di Pilpres 2024, Kalahkan Ganjar Hingga Anies Baswedan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x