5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Berbuka Puasa

- 13 Maret 2022, 18:48 WIB
Ilustrasi. 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Berbuka Puasa.
Ilustrasi. 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Berbuka Puasa. /Foto: Pixabay/


GALAMEDIA - Momen menyantap hidangan buka puasa tentulah menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam.

Setelah melaksanakan puasa selama 14 jam menahan rasa lapar dan haus, namun masih banyak kesalahan yang dilakukan ketika berbuka puasa ramadhan.

Sepele memang, akan tetapi harus di perhatikan jika tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber yang sudah dirangkum Galamedia setidaknya ada lima kesalahan yang sering dilakukan saat berbuka puasa.

1. Minum Air Dingin

Meminum air dingin ketika berbuka puasa tentu sangat melegakan sekali, bahkan ada yang porsi minumnya tidak terkontrol dan tiba-tiba sudah merasa kenyang, hal ini tentunya tidak baik karena jika minum yang dingin dan manis terlalu banyak maka kadar gula sulit terkontrol selain itu sistem kerja lambung akan lambat karena harus menyesuaikan suhu dengan minuman dingin yang dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena lambung merasa kaget setelah lambung tidak bekerja selama 14 jam.

Baca Juga: Ini Harapan Bupati Sumedang Kepada PMII

2. Terlalu Banyak Makan Manis

Saat menjalankan ibadah puasa, kadar gula darah dalam tubuh berada dikondisi yang rendah, dan hal inilah yang membuat tubuh menjadi lemas tidak heran jika banyak disajikan makanan yang manis selama bulan ramadhan. Namun banyak kesalahan yang dilakukan adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Jika dirasa sudah cukup maka berhentilah karena meminum satu gelas teh manis saja sudah bisa menaikan kadar gula ketika berpuasa.

3. Langsung makan berat

Sebagian dari masyarakat berbuka puasa langsung memakan makanan yang berat, misalnya saja langsung menyantap nasi, namun jika lambung langsung diberi nasi maka kerja lambung akan kewalahan dan jika hal ini terus dilakukan maka akan merusak sistem kerja lambung. Selain itu lambung akan terluka dengan kebiasaan buruk ini.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x