Sampah Plastik Makanan dan Minuman Cemari Muara Sungai Wonorejo

- 21 Maret 2022, 20:35 WIB
Ilustrasi sampah.
Ilustrasi sampah. /REUTERS/Jayanta Dey

GALAMEDIA - Komunitas Nol Sampah Surabaya bersama Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) mengumpulkan 10 karung sampah plastik di muara sungai Wonorejo, Rungkut, Surabaya, pada Februari 2022 lalu.

Sebagian besar sampah plastik itu sebagian besar merupakan kemasan makanan dan minuman serta deterjen.

Community Organizer Nol Sampah Surabaya, Hani Ismail mengatakan 10 karung sampah plastik yang berhasil dikumpulkan di muara sungai Wonorejo itu berasal dari 35 produsen, dengan 10 diantaranya ada produsen sampah terbanyak.

Kegiatan yang dilakukan pada 20 Februari 2022 lalu tersebut, melibatkan 50 orang yang terdiri dari beberapa komunitas peduli lingkungan di Surabaya, diantaranya Trashbag Community, Petani Tambak Truno Djoyo Wonorejo, fasilitator Lingkungan dan Bank Sampah di Surabaya, serta dari beberapa sekolah Adiwiyata di Surabaya.

"Aksi ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2022 lalu," terangnya dalam siaran pers, Senin, 21 Maret 2022.

Baca Juga: Kronologi Jatuhnya Pesawat Boeing 737 di Pegunungan Guangxi, China Hari Ini, Lengkap dengan Spesifikasinya

Menurutnya sampah yang dikumpulkan tersebut, kemudian dikembalikan ke produsen. Pengembalian kemasan sudah dilakukan melalui Kantor Pos Ketabang Kali Surabaya.

"Ini kami lakukan untuk mengingatkan produsen bahwa mereka punya tanggung jawab untuk menarik kembali kemasannya dan mendaur ulang kemasannya, sebagaimana diperintahkan dalam UU 18 tahun 2008 tentang Pengolahan Sampah dan PP 81 tahun 2012. Sampah yang ada di muara sungai Wonorejo Surabaya merupakan satu bukti produsen lalai sehingga sampahnya bocor ke lingkungan," jelasnya.

Ia mengatakan sampah plastik berbahaya bagi ekosistem pesisir dan laut. Menurutnya ribuan anak mangrove yang ditanam di pantai timur Surabaya mati karena terlilit sampah plastik.

Baca Juga: Ada WNI di Pesawat Boeing 737 China Eastern Airlines yang Jatuh? KJRI Guangzhou Berikan Penjelasan

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x