Cuaca di Wilayah Indonesia Mayoritas Berawan, Siklon Tropis Charlotte Menjauh

- 22 Maret 2022, 08:27 WIB
Ilustrasi sejumlah wilayah di indonesia berawan.
Ilustrasi sejumlah wilayah di indonesia berawan. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

GALAMEDIA - Siklon Tropis Charlotte terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah dengan kecepatan angin maksimum mencapai 55 knot dan tekanan rendah 985 HPa.

Sistem siklon tersebut bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia dan diperkirakan intensitasnya akan menurun dalam 24 jam ke depan.

Dalam kanal Youtube InfoBMKG diikuti di Jakarta, Selasa 22 Maret 2022, sistem ini menginduksi peningkatan Kecepatan angin atau low level jet hingga mencapai lebih dari 25 knot di Samudra Hindia sebelah Selatan Jawa Timur hingga Jawa Barat, serta membentuk daerah konvergensi yang panjang dari Samudra Hindia Barat Daya Banten hingga perairan Selatan Jawa Barat.

Baca Juga: Sinopsis Aku Bukan Wanita Pilihan 22 Maret 2022: Mulai Curiga, Radit Dengar Rangga Panggil Sayang Saat Telepon

Kondisi ini bisa meningkatkan pertumbuhan awan hujan, Kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Arafuru dan di perairan utara Papua, yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Arafuru dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan Utara Aceh hingga Laut Andaman, dari Laut Jawa bagian timur hingga laut Bali, dari perairan timur Kalimantan Utara hingga Kalimantan Utara, dari perairan kepulauan Sangihe Talaud hingga Halmahera, di Pulau Seram dari Laut Banda hingga Papua bagian selatan, dari Papua Barat bagian utara hingga Papua Barat dan Papua bagian tengah .

Baca Juga: Viral Sampah Berserakan di Tribun Penonton Sirkuit Mandalika, Petugas Kebersihan Temukan Barang Aneh

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x