Dilematis! Putin Ingin Hadir di KTT G20 Bali, Negara Barat Keberatan

- 24 Maret 2022, 14:28 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah kesempatan.  Dilematis! Putin Ingin Hadir di KTT G20 Bali, Negara Barat Keberatan.
Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah kesempatan. Dilematis! Putin Ingin Hadir di KTT G20 Bali, Negara Barat Keberatan. /Dok Kedubes Rusia /

GALAMEDIA - Indonesia akan menjadi tuan rumah pada KTT G20,yang akan digelar di Bali, pada 30 Oktober 2022.

Seperti disampaikan oleh Duta besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. Ia menyebut Putin berniat datang ke KTT G20.

Di sisi lain, Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya yang juga anggota G20 menyerukan agar Rusia tak lagi diikutkan dalam keanggotaan G20.

Hal itu dikarenakan invasi yang diluncurkan Rusia selama satu bulan terakhir ke Ukraina yang membuat Ukraina mengalami krisis.

Baca Juga: Tayang Kembali di ANTV, Berikut Daftar Pemeran Balika Vandhu, Serial Drama India

Dilansir dari Antara, Guru besar Hukum Internasional Indonesia Hikmahanto Juwana mengatakan situasi ini menjadi dilematis untuk Indonesia, karena akan menjadi Indonesia menjadi medan tarik menarik dalam konflik Rusia dengan Amerika Serikat, terkait kasus di Ukraina.

"Indonesia pun menjadi medan tarik menarik bagi konflik Rusia dengan AS dan sekutunya mengingat Indonesia akan menyelenggarakan KTT G20 bulan November mendatang," kata Hikmahanto Juwana, Kamis, 24 Maret 2022.

AS dan sekutunya juga minta Indonesia sebagai Presiden G20 mempertimbangkan kembali keanggotaan Rusia.

Selain itu, seorang pejabat Uni Eropa menilai kehadiran perwakilan Rusia dalam rangkaian KTT G20 tahun ini "menjadi sangat problematik" di tengah kecaman dan sanksi internasional atas invasinya ke Ukraina.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x