Apa Perbedaan Nuzulul Quran dan Malam Lailatul Qadar Serta Kapan Terjadinya? Begini Penjelasannya

- 19 April 2022, 11:57 WIB
Ilustrasi Nuzulul Qur'an/ Apa Perbedaan Nuzulul Qur'an dan Malam Lailatul Qadar Serta Kapan Terjadinya? Begini Penjelasannya
Ilustrasi Nuzulul Qur'an/ Apa Perbedaan Nuzulul Qur'an dan Malam Lailatul Qadar Serta Kapan Terjadinya? Begini Penjelasannya /Pixabay

GALAMEDIA - Tak terasa Ramadhan sudah memasuki hari ke-17. Menjelang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Pasalnya, seperti yang kita ketahui di sepuluh malam terakhir akan datang malam Lailatul Qadar.

Pada bulan suci Ramadhan ini, ada dua hari penting yang wajib diketahui umat Islam yaitu Nuzulul Quran dan juga Lailatul Qadar.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 19 April 2022: Orang Misterius Ini Lihat Al Ada di Sumatra, Andin Syok

Lantas apa perbedaan dari keduanya? Melansir muhammadiyah.or.id, berikut berbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar.

Seperti yang diketahui, bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Quran atau Nuzulul Quran sebagaimana dtermaktub dalam QS. Al Baqarah ayat 185.

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (Permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil)..." (QS. Al-Baqarah:185)

Baca Juga: Profil Refal Hady Pemeran Bian di Wedding Agreement The Series yang Sukses Bikin Kaum Hawa Klepek-Klepek

Seperti yang disampaikan Dekan FAI Universitas Muhammadiyah Surakarta, Syamsul Hidayat para ulama sepakat bahwa Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadhan dengan mengacu pada QS. Al-Anfal ayat 41.

Halaman:

Editor: Annisa Nur Fadillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x