Keutamaan 12 Rakaat Sholat Sunnah Rawatib, Apa Saja?

- 26 April 2022, 15:00 WIB
Keutamaan 12 Rakaat Sholat Sunnah Rawatib, Apa Saja?//pexels.com
Keutamaan 12 Rakaat Sholat Sunnah Rawatib, Apa Saja?//pexels.com /

GALAMEDIA - Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW mengungkap janji Allah SWT untuk mereka yang menjaga 12 rakaat sholat sunnah rawatib.

Sholat yang mendampingi sholat wajib ini memiliki ganjaran surga dari Allah SWT sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

‏ مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّي لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ ‏

"Jika seorang hamba Allah SWT salat 12 rakaat (sunah) setiap hari, sebelum dan setelah salat wajib, maka Allah SWT akan membangunkannya sebuah rumah di surga atau rumah akan dibangun untuknya di surga." (HR Muslim).

Baca Juga: Film Horor IVANNA dan Sinopsisnya, Lengkap dengan Deretan Pemain

Lalu sholat rawatib apa saja yang termasuk ke dalam 12 rakaat dengan keutamaan setara surga itu?

Hadits riwayat Tirmidzi menjawab pertanyaan di atas.

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

"Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya dan dua rakaat sebelum subuh." (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Terminal Poris Plawad Tangerang Diprediksi Mulai Tanggal 28 April 2022

Dari hadits yang sama diketahui 12 rakaat sholat sunnah rawatib tersebut hukumnya sunnah muakkad. Artinya, salat sunnah yang lebih ditekankan pelaksanaannya.

Ulama besar Imam Hanafiyah berpendapat sunnah muakkad memiliki satu makna dengan wajib. Namun tingkatannya sedikit di bawah fardhu atau wajib, yaitu sesuatu yang ditetapkan dalil namun masih memiliki kesamaan.

Di antara 12 rakaat sunnah rawatib muakkad adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat lima waktu dengan hukum sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Padang, Hidangan Khas Lebaran

Rasulullah bahkan selalu menyempatkan sholat sunnah ini meski saat tengah berpergian ataupun dalam keadaan sakit seperti diriwayatkan sebuah hadits.

Berikut daftar selengkapnya 12 Rakaat Salat Sunnah Rawatib Muakkad:

- 2  rakaat sebelum salat subuh

- 2 rakaat sebelum salat dzuhur

- 2 rakaat sesudah salat dzuhur

- 2 rakaat sesudah salat maghrib

- 2 rakaat sesudah salat isya

Baca Juga: Erick Thohir Rangkul Pengusaha Jabar Ikut Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Selain 12 salat sunnah rawatib ada juga salat sunnah rawatib yang hukumnya ghairu muakkad atau pelaksanaan sunnahnya tidak begitu dikuatkan.

Berikut daftar 12 Rakaat Salat Sunnah Rawatib Ghairu Muakkad

- 2 rakaat sebelum dzuhur. Bagi yang mengerjakan 4 rakaat maka 2 rakaat pertama menjadi sunnah muakkad dan 2 rakaat setelahnya ghairu muakkad.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x