Pengukuhan Guru Besar UPI Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd: Wanita dan Olahraga dalam Kacamata Sosisologi

- 18 Mei 2022, 10:10 WIB
Guru Besar UPI Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd
Guru Besar UPI Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd /Humas UPI

GALAMEDIA – Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd dikukuhkan menjadi Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam Bidang Ilmu Sosiologi Olahraga pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) di Kampus UPI, Jalan Setiabudi pada Rabu, 18 Mei 2022.

Dalam pidato pengukuhannya Prof. Nina Sutresna menyampaikan karya ilmiah tentang “Wanita dan Olahraga Dalam Kacamata Sosisologi.”

Dalam pandangan Prof. Nina Sutresna, dalam konteks budaya timur persepsi masyarakat terhadap kaum wanita yang melibatkan diri dalam kegiatan olahraga masih terganjal oleh kepercayaan, bahwa olahraga kerap dipandang sebagai dunianya kaum laki-laki.

Baca Juga: Pengukuhan Guru Besar UPI Prof. Dedi Sutendi: Peranan Linguistik dalam Pendidikan Bahasa Jepang  

Pemahaman ini tampaknya cukup beralasan, terutama jika dikaitkan dengan tolehan sejarah masa lampau. Dalam konteks pengistilahan, masih ada pendefinisian tentang wanita yang dimaknai sebagai mahluk yang “wani ditoto”.

Wanita dalam pandangan zoemulder dimaknai sebagai mahluk “yang diinginkan”. Dari sudut pandang feminis istilah wanita merupakan pelabelan jejak jejak peninggalan kultur patriarki yang tertinggal dalam tatanan bahasa Indonesia.

Wanita diukur lewat seberapa kesetiannya kepada lawan jenis. Wanita dinilai tinggi ketika bisa mengabdi sehingga menjadi diingankan oleh lelaki. Kesetiaan jadi lebih baik dari kemandirian.

Baca Juga: Genap 22 Tahun, Angga Yunanda Bagikan Momen Kebersamaan di Ultahnya Bareng Keluarga dan Shenina Cinnamon

Adanya makna tersebut, berimplikasi pada persepsi masyarakat tentang kaum wanita, terutama ketika dikaitkan dengan upaya menggali potensi untuk meraih prestasi dalam olahraga yang membutuhkan keperkasaan, kekuatan, dan kemandirian.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x