787 Mahasiswa UPI Jadi Peserta MSIB Batch 2: Mahasiswa Berpengalaman Belajar di Tempat Kerja

- 15 April 2022, 08:50 WIB
 787 Mahasiswa UPI Jadi Peserta MSIB Batch 2: Mahasiswa Berpengalaman Belajari di Tempat Kerja
787 Mahasiswa UPI Jadi Peserta MSIB Batch 2: Mahasiswa Berpengalaman Belajari di Tempat Kerja /Humas UPI

GALAMEDIA - Sebanyak 787 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program magang bersertifikat ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk magang dalam rangka meningkatkan pengalaman dan kompetensi kerja mahasiswa di dunia industri dan profesi nyata agar memiliki kesiapan dalam bekerja.

Kepala Badan Bimbingan dan Konseling dan Pengembangan Karier UPI, Dr. Yusi Riksa Yustiana, M.Pd, menjelaskan jumlah mahasiswa UPI yang lolos seleksi pada program MSIB sebanyak 787 mahasiswa dari 2.048 mahasiswa yang melamar.

Baca Juga: Sekitar 1,2 Juta Kendaraan Bakal Lintasi Tol Pejagan-Pemalang pada Musim Mudik Lebaran Ini

"Ada peningkatan yang signifikan dari sisi jumlah peserta dan pelamar pada tahun 2022 jika dibandingkan pada Tahun 2021. Pada tahun 2021 tercatat mahasiswa UPI yang terlibat sebanyak 296 yang terdiri dari 166 mahasiswa untuk program magang dan 130 mahasiswa untuk studi atau proyek independen," ungkap Yusi, Jumat, 15 April 2022.

Menurutnya selain mengalami peningkatan dari sisi jumlah peserta yang lolos seleksi dan jumlah mahasiswa yang melamar, UPI menempati peringkat ke-4 sebagai peserta dan pelamar terbanyak pada program MSIB Batch ke-2 ini.

Merujuk pada data MISB Kemendikbudristek Tahun 2022, secara keseluruhan, total mahasiswa di Indonesia yang melamar program MSIB sebanyak 100,116 mahasiswa. Terdiri atas 55,661 mahasiswa pada program magang saja, 29,638 mahasiswa pada program magang dan studi independen, serta 14,817 mahasiswa pada program studi independen saja.

Baca Juga: Jadwal Film Fantastic Beasts 3: The Secrets of Dumbledore Hari Ini 15 April 2022 di Bioskop XXI Bandung

Mahasiswa UPI berhasil lolos seleksi dan mengikuti berbagai tahapan program MSIB batch ke-2 yang dilakukan secara transparan dalam rangka menjamin kebermanfaat yang maksimal pada mahasiswa peserta magang oleh Kemendikbudristek.

Secara umum, tahapam program MISB yaitu diawali dengan pendaftaran mitra penyelenggarakan program MSIB. Lalu, penerimaan mahasiswa dan penujukan mentir, dilakukan penerimaan DPL dan Koordimasi PT.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x