Memberi Nama Anak Tak Boleh Asal-asalan, Dirjen Dukcapil: Tidak Bermakna Negatif, dan Tidak Multitafsir

- 25 Mei 2022, 19:32 WIB
Ilustrasi KTP.
Ilustrasi KTP. /Antara

GALAMEDIA - Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan bahwa pencatatan nama pada dokumen kependudukan mesti sesuai prinsip norma agama, kesopanan, kesusilaan, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Antara lain syaratnya mudah dibaca, tidak bermakna negatif, dan tidak multitafsir, jumlah huruf paling banyak 60 karakter termasuk spasi dan nama paling sedikit dua kata," jelasnya dikutip Galamedia dari laman Kemendagri, Rabu 25 Mei 2022.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan.

Baca Juga: Arab Saudi-AS Menegang di Masa Joe Biden, Mohammed bin Salman Ditemui Anggota Kongres Amerika Serikat

Menurutnya, pencatatan nama pada dokumen kependudukan perlu diatur sebagai pedoman bagi penduduk dan pejabat yang berwenang melakukan pencatatan untuk memudahkan pelayanan publik.

"Sehingga memberikan manfaat untuk pedoman pencatatan nama, penulisan nama pada dokumen kependudukan, dan meningkatkan kepastian hukum pada dokumen kependudukan," papar  Zudan.

Selain itu, memudahkan dalam pelayanan administrasi kependudukan, perlindungan hukum, serta pemenuhan hak konstitusional dan mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

Baca Juga: Data Pribadi Rawan Disalahgunakan, Bawaslu Minta Perkuat Perlindungan Jelang Pemilu 2024

 

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan anak dalam pelayanan publik lainnya. Zudan memberi contoh saat pendaftaran sekolah.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah