Innalillahi Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Muhammadiyah Berduka

- 27 Mei 2022, 13:30 WIB
Innalillahi, Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia  Indonesia dan Muhammadiyah Berduka/ /Tangkap layar Instagram @infotambun
Innalillahi, Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia Indonesia dan Muhammadiyah Berduka/ /Tangkap layar Instagram @infotambun /

GALAMEDIA - Kabar duka menyelimuti Tanah Air,  Jumat 27 Mei 2022.

Mantan Ketua Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Profesor Dr. H. Ahmad Syafii Maarif mengembuskan napas terakhir pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Kabar tersebut disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir lewat akun Twitter.

Baca Juga: Informasi Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Renang di Bandung

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," cuit Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir dalam akun Twitter @HaedarNs, Jumat 27 Mei 2022.

Hingga saat ini belum ada penjelasan penyebab Buya Syafii Maarif meninggal. Dalam cuitannya Haedar meminta maaf jika selama ini Buya melakukan kesalahan.

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya. Pemakaman dll informasinya menyusul. Haedar Nashir, PP Muhammadiyah," cuitnya lagi.

Baca Juga: 5 Fakta Sungai Aare Swiss Lokasi Anak Ridwan Kamil Terseret Arus Saat Berenang: Ternyata Miliki Hal Ini

Sementara itu Mahfud MD menyebut umat Islam kehilangan tokoh besar dalam sosok Buya Syafii Maarif.

"Ummat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lagi salah seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya," ujarnya.

Sebelumnya Buya Maarif mengalami sesak napas dan pada Sabtu, 11 April 2022 lalu dibawa ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Yogyakarta, untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga: Jadwal Top Gun: Maverick Hari Ini, Jumat 27 Mei 2022 di XXI Bandung Lengkap dengan Harganya

Pada Rabu , 18 Mei 2022, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping Ahmad Faisol sempat mengatakan pihak rumah sakit telah melakukan tindakan diagnostik untuk mengecek kondisi kesehatan Buya Maarif.

Ketika itu kondisi Buya Syafii Maarif sempat dilaporkan membaik dan dinyatakan sudah diperbolehkan pulang.

Ahmad Syafii Maarif merupakan sosok ulama kelahiran 31 Mei 1935. Muhammadiyah menyatakan duka cita mendalam atas wafatnya Buya Syafii Maarif.***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x