TPT di Cikalongwetan Ambruk Diterjang Longsor, Akses Jalan Kabupaten Terputus

- 20 Juni 2022, 19:38 WIB
Petugas gabungan dan warga membersihkan material longsor di Kampung Cikubang RT 01/RW 19 Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat
Petugas gabungan dan warga membersihkan material longsor di Kampung Cikubang RT 01/RW 19 Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat /Istimewa/

GALAMEDIA - Tembok penahan tanah (TPT) setinggi kurang lebih 5 meter dan lebar sekitar 2 meter ambruk di Kampung Cikubang RT 01/RW 19 Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin 20 Juni 2022.

Kejadian itu dipicu hujan deras yang turun sejak siang. Bongkahan material TPT menimbun akses jalan kabupaten.

Kasi Trantrib Kecamatan Cikalongweta, Pipin Irawan mengatakan, akses jalan kabupaten yang menghubungkan Ciawitali - Selakuning tak bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua.

Baca Juga: Kurangi Risiko Penularan Covid-19 Saat Perawatan Gigi, Gerlink Luncurkan Alat Spesial

"Kejadiannya sekitar pukul 16.00 WIB dipicu oleh hujan deras turun sejak siang sampai sore ini," kata Pipin Irawan.

Akibat tertutupnya akses jalan, kendaraan dari arah Ciawitali ke Selakuning ataupun sebaliknya harus memutar arah dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pada saat longsor terjadi memang situasinya sepi," ujarnya.

Baca Juga: Kualitas Udara di Jakarta Terburuk di Dunia, Siti Nurbaya: Yang Benar Nomor 44!

Untuk menyingkirkan material longsor, dilakukan secara gotong royong pihak kecamatan bersama Polsek Cikalongwetan, Damkar Poswil Cikalongwetan, aparat desa, unsur relawan dan warga.

Bongkahan materiat TPT, tanah dan pohon yang tumbang akibat terseret longsor berhasil dibersihkan dari badan jalan sekitar satu jam.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x