Heboh Anggota Dewan Titipkan Siswa Agar Diterima di SMKN, Aa Maung: Memalukan, Harusnya Memberi Contoh Baik!

- 24 Juni 2022, 09:30 WIB
Asep B Kurnia alias Aa Maung./dok.IST
Asep B Kurnia alias Aa Maung./dok.IST /

GALAMEDIA - Heboh salah seorang anggota dewan DPRD Kota Bandung menitipkan siswa ke sekolah pada rangkaian PPDB 2022.

Beredar di media sosial, sebuah surat dengan kop DPRD Kota Bandung dan ditandatangani salah satu anggota dewan, meminta sekolah-sekolah menerima siswa yang dititipkannya.

Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Disdik Provinsi Jabar dengan dalih menampung aspirasi masyarakat. Didalam surat, tercantum nama-nama sekolah yang dituju, dan kebanyakan SMKN.

Baca Juga: PPDB di SMKN 5 Bandung, Saber Pungli Jabar Sita Uang Rp40 Juta Lebih

Ketua Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jawa Barat, Asep B Kurnia ikut angkat bicara dan memberikan kritik keras atas terjadinya hal tersebut.

"Memalukan, seharusnya anggota dewan itu memberikam contoh yang baik bukan ikut-ikutan memberikan rekomendasi agar supaya memuluskan siswa bisa diterima," ucapnya, saat dimintai tanggapan atas beredarnya surat tersebut, Jumat, 24 Juni 2022.

Pria yang akrab disapa Aa Maung itu menyebut surat itu dibuat oleh oknum. Menurut dia, sebagai wakil rakyat, anggota DPRD Kota Bandung itu seharusnya bisa mengkontrol hal-hal pelanggaran dalam pelakasanaan PPDB.

"Tentunya agar regulasi bisa berjalan dengan baik, bukan sebaliknya menjadi oknum. Kalau pun mau demikian harus berdasarkan atau dilengkapi dengan fakta atau data. Semisal, bahwa siswa yang direkomendasi itu terjadi kesalahan sistem dan layak untuk diterima," paparnya.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat 24 Juni 2022: Tarbiyah di Bulan Dzulhijjah

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x