Jelang Pemilu 2024, Peneliti IPI: Rasyid Rajasa Representasi Generasi Milenial

- 10 Juli 2022, 18:48 WIB
Baliho Rasyid Rajasa di salah satu kawasan di Kota Bandung.
Baliho Rasyid Rajasa di salah satu kawasan di Kota Bandung. /

GALAMEDIA - Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat I, meliputi Kota Cimahi dan Kota Bandung dikenal sebagai salah satu daerah dengan pesohor bertabur bintang.

Mulai dari politisi senior hingga artis ternama kerap muncul dalam pesta demokrasi mencoba peruntungan maju ke Senayan menjadi Anggota DPR-RI.

Akan tetapi, di Dapil tersebut belum pernah lahir calon anggota legislatif DPR-RI berlatarbelakang entrepreneur muda dekat dengan kalangan milenial dan berjiwa visioner.

"Dapil 1 Jabar itu daerah yang banyak politisi senior dan nama-nama artis, tapi belum ada caleg berlatarbelakang entrepreneur muda," ungkap Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI), Bawono Kumoro dalam keterangan tertulis, Minggu, 10 Juli 2022.

Nama-nama pesohor atau artis yang sudah tak asing lagi namanya yang berasal dari Dapil 1 sebut saja politisi Nasdem, Muhammad Farhan atau politisi dari PDI Perjuangan Junico BP Siahaan atau lebih dikenal Nico Siahaan.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar, Gratis Tinggal Klik

"Keduanya berlatar belakang artis dan politisi. Mereka para petahana saat ini duduk di DPR RI dari Dapil 1. Mereka juga bisa dibilang mencerminkan karakteristik itu," ujarnya.

Diakuinya bahwa karakteristik pemilih di Dapil 1 Jabar lekat dengan citra muda milenial yang kreatif dan entrepreneur. Apalagi Kota Bandung selama ini sebagai salah satu daerah penghasil produk-produk ekonomi kreatif yang dikembangkan anak muda berjiwa entrepreneur.

"Kehadiran caleg muda DPR-RI yang visioner harus muncul karena dapat memberikan perspektif, pandangan dan juga representasi generasi milenial saat ini," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x