Penyebab Banjir Garut, Plh Gubernur Jabar Sebut Karena Hal Ini

- 18 Juli 2022, 07:48 WIB
Banjir bandang membuat sejumlah rumah warga di Garut rusak.
Banjir bandang membuat sejumlah rumah warga di Garut rusak. /PRITIM PRMN/ ROBI SAEPUDIN/

GALAMEDIA- Salah satu penyebab terjadinya banjir yang melanda Kabupaten Garut karena adannya pembabatan hutan di hulu sungai.

Hal ini dikatakan Plh Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau daerah terdampak banjir di Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu 18 Juli 2022.

Uu menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan informasi adanya pembabatan hutan di hulu sungai sehingga menjadi salah satu terjadinya bencana banjir di Kabupaten Garut.

Baca Juga: Kylie Jenner Dikecam Warganet Usai Posting Foto Tak Berkelas di Instagram

"Menurut informasi yang kami terima, ada pembabatan hutan (di daerah hulu). Hutan produktif harus rasional sehingga pada saat hujan datang tidak berdampak seperti ini," katanya seperti dilansirkan Antara.

Menurut Uu, langkah penanganan banjir harus dilakukan melalui edukasi masyarakat di wilayah hulu sungai. Terlebih adanya laporan bahwa banjir dampak dari alih fungsi lahan di hulu sungai.

Sama pentingnya dilakukan penegakan hukum, berupa sanksi terhadap para perusak lingkungan baik perorangan maupun korporasi.

Uu menuturkan, warga Kampung Dayeuhandap bukan pertama kalinya mengalami musibah banjir. Untuk itu, warga agar mau berpindah lokasi hunian ke daerah yang lebih aman.

Baca Juga: Profil Rishi Sunak, Calon Perdana Menteri Inggris yang Ultra Kaya Hingga Dijuluki Maharaja

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x