Dinas Kehutanan Jabar Komitmen Pelestarian Hutan di DAS Citarum

- 29 Juli 2022, 18:16 WIB
Dishut Jabar Komitmen Pelestarian Hutan di DAS Citarum./dok.IST
Dishut Jabar Komitmen Pelestarian Hutan di DAS Citarum./dok.IST /

GALAMEDIANEWS - Dinas Kehutanan (Dishut) Jawa Barat bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meresmikan pembangkit listrik tenaga angin dan surya di Hutan Daerah Kiara Payung, Kabupaten Sumedang, Kamis, 28 Juli 2022.

Lebih jauh, pembangkit listrik ini sebagai bentuk komitmen untuk melindungi seluruh potensi sumber daya alam bagi kelangsungan hidup masyarakat di Jabar. Dengan target utama yakni penghijauan, perbaikan ekosistem, revitalisasi das, konservasi untuk resapan air.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penanaman pohon dan pelepasan burung elang sebagai simbol pelestarian. Kemudian disekitar kawasan tersebut, juga hadir jajanan lokal penduduk setempat yang petikan kecapi dan tiupan seruling, terkait pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: KABAR MIRING Menerpa Persib, Marc Klok Tinggalkan Maung Bandung?

Plt. Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana mengatakan bahwa hutan daerah Kiara Payung menjadi titik fokus pihaknya dalam penanganan lahan kritis. Pasalnya, bagian dari DAS Citarum dan berkaitan dengan Kawasan Bandung Utara.

"Jadi titik ini dipilih karena merupakan bagian dari DAS Citarum yang kaitannya dengan KBU. Penanganan lahan kritis itu harus segera dilakukan," ungkapnya disela-sela kegiatan.

Menurutnya penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi juga melibatkan kerjasama pentahelix. Mulai dari pihak swasta, akademisi, aktivis lingkungan, tim kecamatan dan desa, serta warga setempat.

"Tentu ini menjadi harapan besar kita. Apa yang ditamamkan hari ini bisa disebarluaskan agar semua pihak ikut menanam. Terutama di lahan-lahan kritis," terangnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Jabar tersebut, menjelaskan bahwa program penanaman rehabilitasi DAS ini bakal berjalan selama 3 tahun.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x