Polres Subang Larang Odong-odong Berkeliaran di Jalan Raya

- 29 Juli 2022, 18:42 WIB
KBO Satlantas Polres Subang, Ipda Sahroni Prakasa sedang memberikan penjelasan kepada pengendara Odong-odong yang melintas di jalan raya.
KBO Satlantas Polres Subang, Ipda Sahroni Prakasa sedang memberikan penjelasan kepada pengendara Odong-odong yang melintas di jalan raya. /Dally Kardilan/Galamedianews/

GALAMEDIANEWS - Maraknya kendaraan Odong-odong yang digunakan  di jalan raya, kerap mengganggu pengguna jalan lain.

Bahkan sudah ada yang mengalami kecelakaan fatal, sebagaimana yang terjadi di daerah Serang, Banten dengan menelan 9 korban jiwa  meninggal dunia.

"Sebenarnya sejak awal kita sudah melarang kendaraan modifikasi yang ilegal tersebut, sehingga untuk lebih memberikan pemahaman lagi kita gencarkan sosialisasi kepada masyarakat hususnya pemilik, " kata Kapolres Subang, AKBP Sumarni, Jumat 29 Juli 2022. 

Baca Juga: LINK STREAMING Cinta Setelah Cinta 29 Juli 2022 Segera Tayang, Gratis Langsung Klik di Sini

 Menurutnya, setiap kendaraan modifikasi harus dilakukan penelitian rancangan strukturnya dan rekayasa kendaraan bermotor.

Adapun penelitian tersebut meliputi aspek Rancangan teknis; Susunan; Ukuran; Material; Kaca,pintu, engsel dan bumper; Sistem lampu dan alat pemantul cahaya; serta empat pemasangan tanda nomor kendaraan bermotor.

Kebanyakan yang ada tidak ada sehingga bertentangan dengan Pasal 50 ayat (1) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,  ditentukan bahwa setiap kendaraan yang sudah dimodifikasi sehingga terjadi perubahan tipe maka diwajibkan untuk melakukan uji tipe. Demikian pula yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Baca Juga: Dinas Kehutanan Jabar Komitmen Pelestarian Hutan di DAS Citarum

Sebelum melakukan tindakan tegas, jajaran Satlantas melakukan sosialisasi dengan patroli.

Malahan Kapolsek Pamanukan menggelar ngopi bareng dengan 9 pemilik Odong-odong yang ada di wilayahnya di c Aula Mapolsek Pamanukan.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x