Ujian Tulis Berbasis Komputer Harus Pertimbangkan Mobilisasi Peserta

- 24 Juni 2020, 21:07 WIB
 Ketua MRPTNI yang juga Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho.
Ketua MRPTNI yang juga Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho. /Tok Suwarno/

GALAMEDIA - Penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), tahun 2020 ini dirancang dengan pertimbangan mencegah mobilisasi peserta dari satu daerah ke daerah lain.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, mengungkapkan hal itu, seusai mengikuti konferensi pers secara daring tentang ‘Pelaksanaan UTBK pada Kondisi Normal Baru (New Normal)’ yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui zoom cloud meeting, Rabu 24 Juni 2020.

"UTBK pada saat new normal harus mempertimbangkan beberapa hal, yang terutama adalah bagaimana kita menjamin keselamatan dan kesehatan peserta, panitia, pengawas, termasuk pengantarnya,” ujar Jamal yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Baca Juga: Izin Pesta Pernikahan Masih Dikaji, Begini Curhatan Wedding Organizer

Ia minta, penyelenggaraan UTBK tahun 2020 ini mengutamakan 5 prinsip penerimaan mahasiswa baru (Maba), sesuai ketentuan yang tertuang dalam Permendikbud RI Nomor 6 Tahun 2020, yaitu dilaksanakan secara adil, akuntabel, fleksibel, efisien, dan transparan.

“Alhamdulilah, saat ini kita bisa menyelesaikan perencanaan secara marathon dalam mendesain UTBK new normal dengan baik. Saya sangat berharap, pelaksanaan UTBK tetap mengutamakan 5 prinsip penerimaan mahasiswa baru,” pintanya.

Menurut Jamal, LTMPT sebagai panitia penyelenggara UTBK harus mencegah terjadinya perpindahan peserta dari satu kota atau kabupaten maupun antarpulau. Hal tersebut perlu diupayakan untuk kepentingan implementasi physical distancing yang dianjurkan pemerintah.

Baca Juga: Ridwan Kamil Imbau Para Pelaku Usaha Kecil Menengah Migrasi ke Digital

Jamal menegaskan, UTBK harus segera dilaksanakan supaya proses penerimaan mahasiswa baru jalur ketiga, yaitu melalui jalur mandiri tidak terhambat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x