Pembelajaran Jarak Jauh Dilakukan Karena Bandung Statusnya Zona Biru

- 13 Juli 2020, 14:13 WIB
/


GALAMEDIA - Para siswa, guru, maupun orang tua bersiap memasuki tahun ajaran baru yang dimulai pada 13 Juli 2020. Sesuai rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, sistem pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan, Kota Bandung masih menerapkan skema Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), karena Kota Bandung masih berstatus zona biru.

Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, para siswa baru akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari. Materinya telah disiapkan oleh Disdik bekerja sama dengan tiap-tiap sekolah.

Baca Juga: Telantarkan Ibu yang Akan Melahirkan, Ini Nasib Bidan di Sampang

“Setiap sekolah sudah kami berikan pedoman MPLS-nya,” ujar Disdik, Senin, 13 Juli 2020.

Contohnya di SDN 250 Jakapurwa, Bandung. Mereka menyelenggarakan sekolah gratis untuk yang telah lolos seleksi tahun ajaran 2020/2021. MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah di SDN Jakapurwa akan dilaksanakan selama 3 hari yakni Senin, Selasa dan Rabu.

Hanya kegiatan pada tahun ini akan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Yang biasanya dengan penuh suka cita peserta didik diantar oleh para orang tua dan dating ke sekolah di hari pertama serta disambut oleh guru dan kepala sekolah. Suasana berbeda pada tahun ajaran ini.

Baca Juga: WN China Penganiaya ABK Indonesia Hingga Tewas Akhirnya Ditangkap Polisi

“Namun pada kesempatan ini kita masih berada di pandemi, maka kita akan melaksanakan kegiatan MPLS ini memalui daring, melalui media. Karena memang kita tidak bisa melaksanakan kegiatan secara langsung dan secara tatap muka.” Ucap Eyen Soleha.S.Pd.,M.MPd., kepala sekolah SDN 250 Jakapurwa.

Kegiatan MPLS besok dan selanjutnya akan dibimbing oleh guru guru kelas 1 sesuai dengan pedoman yang sudah ada, serta kegiatan pembelajaran tetap menggunakan media atau dengan system pembelajaran jarak jauh (PJJ). (Mariana/Job)

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X